Kompas.com - 26/09/2013, 15:55 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Apple merombak sistem operasi mobile iOS secara besar-besaran. Tak hanya mengusung tampilan baru, iOS 7 juga dilengkapi berbagai macam fitur baru.

Salah satu fitur baru yang datang dari segi tampilan adalah efek parallax. Efek ini akan membuat ikon-ikon di iPad dan iPhone bergerak menyesuaikan gerakan dari iPhone atau iPad.

Fitur lainnya, Apple memberikan animasi zooming ketika pengguna sedang membuka folder atau membuka sebuah aplikasi.

Kedua fitur ini memang membuat iOS 7 tampak semakin keren. Namun, gerakan animasi ini ternyata berdampak buruk terhadap beberapa pengguna.

Melalui forum di situs resmi Apple, efek dari gerakan animasi tersebut membuat mereka pusing. Bahkan, seorang pengguna sampai harus pulang dari tempat kerjanya karena sudah tidak mampu menahan rasa sakit di kepalanya.

"Pusing ini persis ketika saya mabuk darat saat berusaha membaca di dalam mobil," kata salah seorang anggota forum, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (26/9/2013).

Efek parralax sendiri dapat dengan mudah dimatikan. Sayangnya, efek zoom ketika membuka folder tidak bisa dimatikan sama sekali.

Untuk mematikan efek parralax, buka menu Setting, General, Accessibility, dan ubah pengaturan Reduce Motion menjadi "On".

Saat ini, satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah menurunkan versi iOS kembali ke versi 6. Belum ada pernyataan resmi dari pihak Apple mengenai kasus ini.

Apakah Anda merasa pusing ketika melihat efek parralax atau zooming?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.