Cerita Tombol Ctrl-Alt-Del yang Bermula dari Kesalahan

Kompas.com - 27/09/2013, 09:53 WIB
Ilustrasi tombol Ctrl+Alt+Del IstIlustrasi tombol Ctrl+Alt+Del
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, menyebutkan penggunaan tombol Ctrl+Alt+Del di OS WIndows untuk mengaktifkan komputer adalah sebuah kesalahan.

Tombol yang awalnya dirancang untuk reboot komputer itu masih tetap dipertahankan di sistem operasi Windows 8 untuk fungsi task manager dan dalam versi yang lebih lama juga untuk mengaktifkan komputer.

Dalam acara pengumpulan dana di Universitas Harvard, Gates menuding kesalahan terletak pada IBM dan mengatakan dia lebih suka jika hanya satu tombol saja yang digunakan.

"Kita bisa menggunakan satu tombol, namun orang yang membuat papan ketik di IBM tidak mau memberikan kita satu tombol," kata Gates.

Baca: Ctrl Alt Del Tak Berfungsi, PC Diberondong Peluru

Penggunaan Ctrl+Alt+Del itu ditemukan oleh insinyur IBM, David Bradley.

Pada awal 1990-an, Ctrl+Alt+Del menjadi populer sebagai cara cepat untuk mengaktifkan kembali komputer jika tampilan layar di komputer terhenti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dipopulerkan Gates

Bradley pernah mengatakan dia tadinya ingin menggunakan Ctrl+Alt+Esc, tetapi terlalu mudah karena hanya terpusat di sisi kiri papan ketik, sehingga secara tidak sengaja bisa me-reboot komputer.

Oleh karena itu, Bradley menggunakan tombol Del di sisi kanan, karena tidak mungkin dilakukan dengan satu tangan. Dengan demikian, risiko reboot secara tidak sengaja menjadi lebih kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X