Menjajal Z30, Phablet Pertama BlackBerry

Kompas.com - 27/09/2013, 11:46 WIB
BlackBerry Z30 BlackBerryBlackBerry Z30
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorAditya Panji
HONG KONG, KOMPAS.com - BlackBerry kini memiliki ponsel unggulan terbaru, yang juga menjadi ponsel jumbo perdananya. Melalui BlackBerry Z30, perusahaan asal Kanada ini masuk dalam tren perangkat phablet, yang merupakan perpaduan dari ponsel dan tablet.

Ketika pertama kali melihatnya, bentuk fisik Z30 mirip dengan Z10, namun kali ini tampil dengan ukuran yang lebih besar. Kesan pertama saat menggenggam Z30, konstruksinya terasa lebih kokoh dibandingkan Z10.

Reza Wahyudi/KompasTekno
Ada unsur elegan dari aksen berwarna silver di bagian bawah ponsel, serta list yang mengelilingi sisi samping ponsel.

Di sisi atas ponsel terdapat tombol power dan jack audio 3,5mm. Di samping kanan ada tombol voice command yang diapit oleh tombol pengatur volume. Lalu di samping kanan terdapat port untuk mengisi daya baterai.

Reza Wahyudi/KompasTekno

Panel belakang Z30 memakai materi dan motif yang sama dengan Q10, yaitu serat karbon bertekstur yang membuatnya terasa lembut dan tidak licin. Di bagian tengahnya masih terdapat logo BlackBerry yang berukuran besar, lalu ada kamera utama 8MP yang disertai lampu LED. Sementara itu, kamera depan Z30 dibekali sensor 2MP.

Reza Wahyudi/KompasTekno
Dengan ukuran layar 5 inci, agak sulit jika menggenggam Z30 dengan satu tangan. Apalagi ketika dipakai mengetik, satu ibu jari akan kesulitan meraih setiap sudut layar. Idealnya, Anda harus memegangnya dengan dua tangan jika ingin mengetik di keypad virtual dengan nyaman.

Layar Z30 menampilkan kontras dan warna yang cukup baik, lantaran layar ini memakai jenis Super AMOLED dengan resolusi 1.280 x 720 pixel dan kerapatan 294 pixel per inci (ppi). Namun, kerapatan pixel ini masih kalah jika dibandingkan iPhone 5S sebesar 326 ppi, dan Samsung Galaxy S4 dengan 441 ppi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reza Wahyudi/KompasTekno

Dari sisi komponen hardware, Z30 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 kecepatan 1,7GHz jenis dual-core dan RAM 2GB. Ini merupakan ponsel dengan spesifikasi hardware tertinggi yang pernah dibuat BlackBerry.

Sejauh pengalaman KompasTekno menjajal ponsel ini selama beberapa menit, performanya cukup gegas untuk sekedar membuka aplikasi, browsing internet, dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Reza Wahyudi/KompasTekno
Sistem operasi BlackBerry 10.2 berjalan di perangkat Z30. KompasTekno sempat menemukan beberapa fitur baru, antara lain Priority Hub dan notifikasi untuk menanggapi pesan BBM saat pengguna sedang membuka aplikasi lain.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.