Kompas.com - 27/09/2013, 14:32 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
HONG KONG, KOMPAS.com -Meski sudah memiliki lebih dari 130 ribu aplikasi, BlackBerry 10 masih belum disambangi oleh beberapa aplikasi populer. Salah satunya yang sangat ditunggu adalah Instagram.
 
Kapan jejaring sosial berbasis foto dan video pendek ini akan hadir di ponsel berbasis BlackBerry 10?
 
"Instagram belum akan hadir di BlackBerry 10 dalam waktu dekat ini," kata Vice President Developer Relation BlackBerry Alec Saunders, dalam sesi wawancara dengan KompasTekno di BlackBerry Jam Asia 2013, Kamis (26/9/2013).
 
Bukan berarti BlackBerry tidak berusaha menghadirkannya, tapi ternyata dari Instagram yang belum mau hadir di BlackBerry 10.
 
Saunders menegaskan, BlackBerry terus berusaha keras meyakinkan Instagram untuk mengubah keputusan mereka. Namun, Instagram hingga saat ini belum terlihat mau membuka diri untuk pengguna ponsel BlackBerry 10.
 
Dari pada menunggu Instagram yang belum jelas kapan kehadirannya, Saunders mengajak pengguna BlackBerry 10 untuk menggunakan aplikasi sejenis yang tersedia di BlackBerry World.
 
"Jika ingin punya Instagram di BB10, anda akan menemukan beberapa alternatif aplikasi berbagi," ujar Saunders sambil menunjukkan aplikasi berbagi foto yang biasanya digunakannya.
 
Saunders sepertinya melupakan esensi berbagi foto. Aplikasi alternatif Instagram banyak tersedia, namun apa gunanya berbagi foto di aplikasi yang tidak banyak digunakan? Foto yang dibagi tak banyak dilihat dan tak ada yang mengomentari.
 
Pengguna menyukai Instagram karena banyak digunakan orang dan rekan-rekannya. Dengan banyak yang dilihat, dikomentari, dan di-like, pengguna tentu makin bersemangat untuk berbagi foto. Inilah yang menjadi daya tarik Instagram.
 
Instagram memang pemilih
 
CEO Instagram Kevin Systrom memang menyatakan akan membuat aplikasi untuk BlackBerry 10. Namun, lanjut Systrom, Instagram di kedua platform tersebut tidak hadir dalam waktu dekat.
 
Para pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, terkenal "pemilih" jika ingin membuat aplikasi di sebuah platfrom. Pertama kali muncul untuk iOS pada 6 Oktober 2010, butuh waktu satu setengah tahun bagi Instagram untuk tersedia di Android, tepatnya pada 3 April 2013.
 
Keputusan Instagram membuat aplikasi untuk Android ternyata berbuah manis. Jumlah penggunanya mengalami pertumbuhan pesat berkat Android. Hingga pertengahan 2013 Instagram punya 110 juta pengguna, sekitar 50 juta dari jumlah tersebut adalah pengguna Android.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.