Yuk, Nostalgia dengan Tampilan Lawas Google - Kompas.com

Yuk, Nostalgia dengan Tampilan Lawas Google

Kompas.com - 27/09/2013, 20:57 WIB
Google
Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin
KOMPAS.com — Google genap berusia 15 tahun pada 27 September 2013. Secara global, Google mengubah tampilan utama situsnya dengan desain interaktif yang menandakan bahwa hari ini mereka berulang tahun.

Jika Anda mencari dengan kata kunci "Google in 1998," maka mesin pencari ini akan menawarkan konten terkait sejarah perusahaan. Mulai dari artikel, foto kedua pendiri, sampai gambar dari tampilan utama situs Google ketika masih dirintis.

Ternyata, Google sempat menggunakan tanda seru di logonya, yang membuatnya mirip dengan logo Yahoo!.

Sejak masih dalam tahap beta, perusahaan telah menggunakan empat warna dalam logo teks Google, yakni biru, merah, kuning, dan hijau. Empat warna ini dipertahankan hingga sekarang. Namun, jenis huruf di logonya sudah berubah.

Google
Tampilan situs mesin pencari Google saat masih dalam tahap beta
Google
Tampilan Google di tahun 1998
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, yang kala itu masih kuliah ilmu komputer di Universitas Stanford. Pada 1996, keduanya berkolaborasi membuat mesin pencari bernama BackRub.

Keduanya memutuskan untuk mengganti nama BackRub. Setelah bertukar pendapat, mereka akhirnya menggunakan nama Google, yang merupakan plesetan dari kata "googol", sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 angka nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi yang tidak terbatas di jaringan.

Perusahaan Google Inc resmi berdiri pada Agustus 1998. Mereka menjadikan garasi rumah Susan Wojcicki di Menlo Park, California, sebagai kantor. Page dan Brin kemudian mempekerjakan Craig Silverstein sebagai karyawan pertama Google.


EditorWicak Hidayat


Close Ads X