Kompas.com - 28/09/2013, 12:14 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
HONG KONG, KOMPAS.com - Konsorsium yang dipimpin Fairfax telah mengumumkan ingin mengakuisisi BlackBerry dengan tawaran senilai 4,7 miliar dollar AS. Pemberitaan BlackBerry bakal berganti kepemilikan ini telah membuat risau para pengembang aplikasi (developer) BlackBerry.

Kerisauan ini makin menjadi saat BlackBerry mengumumkan bahwa perusahaan asal Kanada tersebut akan fokus ke pasar korporasi, tidak lagi ke retail (consumer).

Bagaimana nasib pengembang aplikasi yang menyasar pasar retail, seperti aplikasi gaming dan media sosial?

Vice President Developer Relations Alec Saunders mengatakan, BlackBerry tidak akan ke mana-mana.

"Jangan khawatir mengenai hal itu. BlackBerry tidak pernah mengatakan, memilih itu dan tidak memilih ini," tegas Saunder dalam sesi wawancara dengan KompasTekno di BlackBerry Jam Asia 2013, Kamis (26/9/2013).

Saunder mengatakan, Blackberry hanya berencana kembali fokus pada solusi end-to-end perangkat keras, perangkat lunak, layanan untuk perusahaan dan produktivitas, serta pengguna profesional.

"Lima tahun yang lalu, para pengguna dari korporasi telah membawa sendiri perangkat mobile pribadi ke tempat kerja. Sekarang, kondisinya berbeda. Semua orang melakukannya," tambahnya.

Pengguna dari korporasi (prosumer) sebenarnya tak berbeda dengan pengguna biasa. Mereka juga bermain game, mendengar musik, dan berbagi foto. Sedangkan, perilaku pengguna biasa sudah mirip dengan yang biasa dilakukan oleh prosumer. Pengguna akhir kini pun membaca dan mengirim e-mail dari perangkat mobile.

"Jadi, pengembang aplikasi tidak perlu khawatir dan jangan berhenti membuat aplikasi," tutup Saunders.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.