BlackBerry Rugi Besar Karena Z10?

Kompas.com - 28/09/2013, 21:08 WIB
BlackBerry Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kabar buruk kembali datang dari BlackBerry. Perusahaan asal Kanada tersebut mengumumkan bahwa mereka kembali mencatat kerugian.

Dalam laporan keuangan kuartal II yang berakhir pada 31 Agustus 2013, BlackBerry melaporkan kerugian bersih sebesar 965 juta dollar AS atau sekitar Rp 10 triliun.

Pada kuartal II tahun ini, pendapatan BlackBerry sebesar 1,6 miliar dollar AS, turun 49 persen dari kuartal yang sama tahun lalu.

BlackBerry mengungkapkan jumlah perangkat yang berhasil mereka jual pada kuartal tersebut. Jumlahnya sangat mengkhawatirkan, yaitu hanya sebanya 3,7 juta perangkat saja.

Lebih mengecewakannya lagi, sebagian besar dari perangkat yang terjual masih menjalankan sistem operasi BlackBerry 7. Sayangnya, tidak disebutkan secara rinci hasil penjualan perangkat ini.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (28/9/2013), BlackBerry banyak menyalahkan produk BlackBerry Z10 untuk kerugian yang didapatkan. Perangkat komersil berbasis BlackBerry 10 ini kurang mendapat respons positif dari pasar.

Produk yang diharapkan dapat membawa BlackBerry kembali ke masa kejayaannya, malah membuat mereka semakin terpuruk. BlackBerry mengungkapkan, penurunan nilai buku dari Z10 yang tidak berhasil dijual mencapai 934 juta dollar AS.

"Kami sangat kecewa dengan hasil keuangan dan operasional pada kuartal ini dan ada banyak penurunan kinerja seiring dengan semakin ketatnya persaingan di pasar," kata CEO BlackBerry, Thorsten Heins.

Laporan keuangan ini sejalan dengan prediksi BlackBerry beberapa hari lalu. Pada saat itu, mereka menduga bakal terjadi kerugian sebanyak 995 juta dollar AS.

BlackBerry pun bergerak cepat mengatasi buruknya laporan keuangan ini. BlackBerry berencana memberhentikan 4.500 karyawannya atau 40 persen tenaga kerjanya di seluruh dunia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X