Windows RT Ditinggalkan Rekanan Microsoft

Kompas.com - 30/09/2013, 10:07 WIB
Tablet Microsoft Surface MicrosoftTablet Microsoft Surface
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tablet Microsoft Surface

KOMPAS.com - Tak lama lagi Microsoft akan menguasai 100 persen pangsa pasar Windows RT. Tapi itu sama sekali bukan berita bagus untuk raksasa software ini.

Pasalnya, Microsoft kini telah menjadi produsen satu-satunya yang membikin perangkat dengan sistem operasi itu (Surface) setelah Dell diberitakan berhenti memproduksi tablet XPS 10 berbasis Windows  RT.

Sebagaimana dilaporkan oleh Business Insider, Dell, pabrikan komputer asal Amerika Serikat tersebut, juga belum mengumumkan rencana kembali membuat gadget Windows  RT di masa depan.

Dell adalah perusahaan terakhir yang menyerah dengan Windows RT, menyusul para rekanan Microsoft yang lainnya, yaitu Samsung, Lenovo, HTC, Asus, dan Acer yang telah lebih dulu menghentikan produksi perangkat dengan sistem operasi itu.

Windows RT sendiri adalah varian Windows 8 yang dirancang khusus untuk tablet dengan prosesor ARM. Masalahnya, platform ini kurang mendapat dukungan pengembang aplikasi dan kurang diminati konsumen.

Microsoft sendiri mengalami kerugian sebesar 900 juta dollar akibat stok tablet Surface yang belum laku terjual. Perusahaan itu kemudian memangkas harga Surface dari 400 dollar AS menjadi 350 dollar AS demi mendongkrak penjualan.

Kendati demikian, wakil presiden eksekutif grup pengembangan perangkat Microsoft Julie Larson-Green mengatakan pihaknya belum menyerah dengan Windows RT. Senin (23/9/2013) lalu, Microsoft baru saja meluncurkan penerus Surface, yaitu tablet Surface 2 yang mengusung sistem operasi Windows RT 8.1.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X