Microsoft Promosikan Tombol "Start" di Windows 8.1

Kompas.com - 01/10/2013, 09:42 WIB
Tombol Start dalam iklan Windows 8.1 Microsoft/ YouTubeTombol Start dalam iklan Windows 8.1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tombol Start dalam iklan Windows 8.1

KOMPAS.com - Salah satu fitur khas Windows yang menghilang ketika Microsoft merilis Windows 8 adalah tombol "Start" yang sudah sangat akrab dengan pengguna sejak zaman Windows 95 hampir dua dekade yang lalu.

Sebagai reaksi atas keluhan pengguna, pada update Windows 8.1 yang akan dirilis Oktober mendatang, Microsoft pun mengembalikan tombol ikonik tersebut ke tempatnya semula di pojok kiri bawah layar.

Untuk menegaskan hal itu, sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Microsoft turut menyelipkan penjelasan singkat soal tombol Start yang "baru" pada video iklan Windows 8.1 yang ditayangkan oleh Microsoft di YouTube.

Microsoft sendiri tidak menjelaskan bahwa sistem operasi dalam video tersebut adalah "Windows 8.1". Hanya ditambahkan sebuah logo Windows di bagian akhir.

Kemungkinan hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya kampanye "Windows Everywhere" yang bertujuan melebur perbedaan antar-sistem operasi Windows di perangkat-perangkat berbeda, yaitu PC, tablet, dan smartphone.

Tombol "Start" yang baru pun hampir tidak mendapat penjelasan sama sekali. Satu-satunya keterangan yang ada adalah voice over yang berkata "ketuk tombol 'Start' untuk beralih (dari desktop ke tampilan Star Screen dan sebaliknya).

Microsoft dan para rekanan raksasa sotfware tersebut berharap Windows 8.1 dapat mendorong konsumen membeli komputer, laptop, atau tablet baru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X