Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Promosikan Tombol "Start" di Windows 8.1

Kompas.com - 01/10/2013, 09:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Tombol Start dalam iklan Windows 8.1

KOMPAS.com - Salah satu fitur khas Windows yang menghilang ketika Microsoft merilis Windows 8 adalah tombol "Start" yang sudah sangat akrab dengan pengguna sejak zaman Windows 95 hampir dua dekade yang lalu.

Sebagai reaksi atas keluhan pengguna, pada update Windows 8.1 yang akan dirilis Oktober mendatang, Microsoft pun mengembalikan tombol ikonik tersebut ke tempatnya semula di pojok kiri bawah layar.

Untuk menegaskan hal itu, sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Microsoft turut menyelipkan penjelasan singkat soal tombol Start yang "baru" pada video iklan Windows 8.1 yang ditayangkan oleh Microsoft di YouTube.

Microsoft sendiri tidak menjelaskan bahwa sistem operasi dalam video tersebut adalah "Windows 8.1". Hanya ditambahkan sebuah logo Windows di bagian akhir.

Kemungkinan hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya kampanye "Windows Everywhere" yang bertujuan melebur perbedaan antar-sistem operasi Windows di perangkat-perangkat berbeda, yaitu PC, tablet, dan smartphone.

Tombol "Start" yang baru pun hampir tidak mendapat penjelasan sama sekali. Satu-satunya keterangan yang ada adalah voice over yang berkata "ketuk tombol 'Start' untuk beralih (dari desktop ke tampilan Star Screen dan sebaliknya).

Microsoft dan para rekanan raksasa sotfware tersebut berharap Windows 8.1 dapat mendorong konsumen membeli komputer, laptop, atau tablet baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com