Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Kenalkan Alat Pelacak Posisi Anak

Kompas.com - 01/10/2013, 12:55 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Operator seluler XL Axiata meluncurkan layanan machine to machine (M2M) bernama XL Dekat, Senin (30/9/2013). Ini merupakan alat pelacak yang dapat mengirimkan informasi lokasi seseorang atau obyek lain.

Bentuk fisik XL Dekat adalah perangkat GPS mobile dalam bentuk gadget mini. Senior GM Mobile Finance XL Yessy D Yosetya mengatakan, alat ini berguna untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak-anak ataupun orang tua berusia lanjut.

"Perangkat khusus ini memang dirancang, baik dari sisi hardware maupun software, untuk keperluan tracking. Dengan demikian, fungsi serta informasi yang dihasilkan lebih baik dibanding aplikasi lainnya," ujar Yessy dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

XL Dekat dilengkapi dengan tombol darurat (SOS emergency), yang secara otomatis akan mengirimkan posisi koordinat dari si pembawa alat jika ditekan. Selain mengirimkan koordinat, tombol SOS ini akan memicu panggilan telepon ke orang terdekat.

Melalui portal XL Dekat, para orangtua juga dapat mengatur lokasi-lokasi penting di mana si pembawa alat berada. Sistem akan mengirimkan notifikasi kepada orangtua jika alat tersebut keluar dari lokasi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sistem ini dikenal dengan nama geofence.

Selain itu, XL Dekat juga memiliki tombol telepon cepat yang memudahkan anak-anak untuk melakukan panggilan, hanya dengan sekali tekan bahkan tanpa melihat ke layar.

Perangkat ini akan tersedia untuk umum mulai bulan September 2013 di gerai Xplor dan XL Center di Jakarta. Harga normal XL Dekat adalah Rp 1.045.000 dengan biaya berlangganan Rp 38.500 per bulan. XL menargetkan perangkat ini untuk para ibu rumah tangga dan wanita karier.

Pihak XL menyatakan, XL Dekat merupakan produk hasil kerja sama dengan mitra pengembang Asia Quattro Net (AQN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com