Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Diminati, PS4 atau Xbox One?

Kompas.com - 02/10/2013, 10:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com - Dua konsol game next-gen Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft Xbox One akan dirilis pada November mendatang pada tanggal yang hanya berselang satu minggu antara satu dan yang lain.

Karena itu, besar kemungkinan bahwa sebagian besar konsumen harus memilih di antara keduanya. Nah, PS4 lawan Xbox One, manakah kira-kira yang paling dilirik oleh para calon pembeli ini?

Untuk menemukan jawabannya, bersama dengan Reuters, sebuah lembaga riset bernama Ipsos mengadakan survei online terhadap 1.297 responden minggu lalu tanggal 23-27 September.

Dari jumlah tersebut, sebagaimana dikutip dari Reuters, ternyata 64 persen menyatakan tak berencana membeli konsol game apapun pada musim liburan tahun ini yang bertepatan dengan waktu kemunculan PS4 dan Xbox One

Dari mereka yang menjawab bakal membeli konsol game, 26 persen di antaranya menyatakan bakal lebih memilih PlayStation 4, berbanding 15 persen yang condong ke Xbox One.

Ketika responden dikerucutkan menjadi kelompok berusia muda (di bawah 40 tahun), kesenjangan itu melebar menjadi 41 persen untuk PS4 dan 27 persen untuk Xbox One.

Mengapa PS4 bisa lebih populer di kalangan responden survei? Kemungkinan hal tersebut ada hubungannya dengan Microsoft yang terkesan tidak konsisten dengan Xbox One.

Saat pertama kali diperkenalkan, perangkat ini digadang-gadang menjadi "pusat hiburan" di ruang keluarga. Microsoft pun menerapkan sejumlah mekanisme proteksi konten seperti keharusan untuk senantiasa tersambung ke internet.

Namun, ketentuan tersebut dicabut setelah Microsoft menuai banyak protes dari gamer. Sebaliknya, Sony lebih konsisten dengan PS4. Ketimbang melebarkan fungsinya ke hal-hal lain, perusahaan tersebut lebih menekankan pada peran utama konsol tersebut sebagai mesin game.
 
PlayStation 4 akan meluncur pada 15 November mendatang dengan harga 399 dollar AS. Xbox One akan menyusul pada 22 November dengan banderol 499 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com