Kompas.com - 03/10/2013, 09:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Gamepad Logitech

KOMPAS.com — Sistem operasi iOS 7 menyediakan sejumlah fitur baru terkait penggunaan alat pengontrol game di dalam jenis aplikasi itu. Para pengembang game dikabarkan telah mulai memasukkan dukungan gamepad di judul masing-masing.

Produsen-produsen aksesori pun tak ketinggalan. Logitech, misalnya, disinyalir akan segera merilis produk gamepad khusus untuk iPhone dengan iOS7. Bentuknya bisa jadi akan seperti gambar di atas, sekilas mirip Sony PlayStation Portable (PSP), yang dipublikasikan oleh Evleaks.

Sebagaimana dilansir oleh Cnet, gamepad Logitech tersebut tampak seperti sebuah produk final yang telah selesai dikembangkan. Bentuknya mirip controller game konsol dengan ceruk khusus di bagian tengah untuk menaruh perangkat seperti iPhone 5.

iPhone di bagian tengah diapit oleh navigasi D-Pad di sebelah kiri dan empat tombol action di sisi kanan. Terdapat juga dua tombol tambahan yang bisa dioperasikan dengan jari telunjuk dari masing-masing tangan.

Di belakang gamepad terdapat celah untuk kamera iPhone yang sekaligus bisa dipakai untuk "mendorong" ponsel keluar dari cangkang controller game tersebut.

Selama ini sebenarnya sudah banyak aksesori serupa yang dibuat untuk gadget Apple. Tetapi dulu, sebelum kemunculan iOS7, pengendali-pengendali game itu membutuhkan dukungan spesifik dari tiap game.

Kini, dengan memasukkan dukungan pengendali game dalam paket pengembangan software (SDK) iOS7, Apple memperluas dukungan terhadap aksesori tersebut dan mungkin bakal mendorong munculnya lebih banyak lagi perangkat sejenis pada masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.