Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamepad iPhone Menampakkan Diri, Mirip Sony PSP?

Kompas.com - 03/10/2013, 09:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Gamepad Logitech

KOMPAS.com — Sistem operasi iOS 7 menyediakan sejumlah fitur baru terkait penggunaan alat pengontrol game di dalam jenis aplikasi itu. Para pengembang game dikabarkan telah mulai memasukkan dukungan gamepad di judul masing-masing.

Produsen-produsen aksesori pun tak ketinggalan. Logitech, misalnya, disinyalir akan segera merilis produk gamepad khusus untuk iPhone dengan iOS7. Bentuknya bisa jadi akan seperti gambar di atas, sekilas mirip Sony PlayStation Portable (PSP), yang dipublikasikan oleh Evleaks.

Sebagaimana dilansir oleh Cnet, gamepad Logitech tersebut tampak seperti sebuah produk final yang telah selesai dikembangkan. Bentuknya mirip controller game konsol dengan ceruk khusus di bagian tengah untuk menaruh perangkat seperti iPhone 5.

iPhone di bagian tengah diapit oleh navigasi D-Pad di sebelah kiri dan empat tombol action di sisi kanan. Terdapat juga dua tombol tambahan yang bisa dioperasikan dengan jari telunjuk dari masing-masing tangan.

Di belakang gamepad terdapat celah untuk kamera iPhone yang sekaligus bisa dipakai untuk "mendorong" ponsel keluar dari cangkang controller game tersebut.

Selama ini sebenarnya sudah banyak aksesori serupa yang dibuat untuk gadget Apple. Tetapi dulu, sebelum kemunculan iOS7, pengendali-pengendali game itu membutuhkan dukungan spesifik dari tiap game.

Kini, dengan memasukkan dukungan pengendali game dalam paket pengembangan software (SDK) iOS7, Apple memperluas dukungan terhadap aksesori tersebut dan mungkin bakal mendorong munculnya lebih banyak lagi perangkat sejenis pada masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com