Cari CEO Baru, Microsoft Bidik "Juru Selamat" Ford

Kompas.com - 03/10/2013, 10:01 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Alan Mulally, dikenal sebagai pemimpin yang sukses mengubah perusahaan sekelas Ford dan Boeing. Kini, ia dikabarkan sedang dibidik oleh perusahaan teknologi Microsoft untuk menjabat CEO baru.

Alan yang pernah menjabat sebagai CEO di Boeing Commercial Airplanes merupakan salah satu orang yang berjasa menyelamatkan Ford dari kebangkrutan pada tahun 2008 lalu.

Bloomberg melaporkan, dewan direksi Microsoft memandang Mulally cocok untuk menggantikan Steve Ballmer yang akan pensiun dari posisi CEO Microsoft di 2014 mendatang. Namun, pertimbangan dewan direksi Microsoft ini masih sangat awal, dan belum mencapai kesepakatan.

Kepada USA Today, Mulally menyangkal ia akan pindah ke Microsoft. "Saya suka melayani Ford," katanya. Ia juga menyebutkan bahwa akan tetap berada di Ford, setidaknya sampai 2014.

Microsoft, sejatinya membutuhkan pemimpin yang mampu mengubah prospek perushaaan. Selain di bisnis komputer pribadi, Microsoft perlu mengembangkan unit bisnis perangkat dan sistem operasi mobile.

Selain Mulally, nama lain yang disebut akan menjadi kandidat kuat CEO Microsoft, adalah Stephen Elop, yang tak lain mantan CEO Nokia.

Sebelum menjabat sebagai CEO Nokia pada September 2010, Elop pernah memimpin divisi bisnis Microsoft di mana ia bertanggung jawab atas produk Microsoft Office. Hal inilah yang membuat Nokia dan Microsoft menjalin kerja sama "mesra" dalam mengembangkan ponsel pintar Lumia yang bersistem operasi Windows Phone.

Setelah unit bisnis ponsel dan layanan Nokia diakuisisi oleh Microsoft, Elop akan kembali bekerja untuk Microsoft sebagai wakil presiden divisi perangkat dan layanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.