Akhir Tahun, "Modul Kamera Ponsel" Sony Masuk Indonesia

Kompas.com - 03/10/2013, 12:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Modul upgrade kamera smartphone Sony DSC-QX10

KOMPAS.com - Sony Smart Lens DSC-QX10 dan DSC-QX100 adalah modul "upgrade" kamera untuk smartphone yang bisa digunakan bersama perangkat iOS dan Android, baik buatan Sony sendiri maupun produsen lain.

Dua produk yang pertama kali diperkenalkan pada awal September lalu itu tak lama lagi akan memasuki pasaran Indonesia, tepatnya menjelang akhir tahun pada kuartal ke-4 2013.

"Sony QX rencananya akan dirilis pada bulan November mendatang. Nanti kami umumkan lagi informasi waktunya," ujar Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita dalam acara peluncuran Sony Xperia Z1 di Jakarta, Selasa (2/10/2013).

Ika menambahkan bahwa DSC-QX-10 akan dijual dengan harga kisaran Rp 3 juta. Adapun banderol DSC-QX100 disebutnya belum ditentukan. Tapi, seorang staff Sony di acara menyebutkan bahwa produk tersebut bisa dihargai hingga Rp 8 juta.

Baik DSC-QX10 maupun DSC-QX100 sama-sama memiliki slot kartu memori , baterai internal, lensa zoom dan sensor penangkap gambar. Kedua produk ini sebenarnya adalah kamera lengkap yang tak memiliki layar LCD. Di sinilah letak peranan smartphone yang dipasangkan dengan "lensa pintar" tersebut.

Begitu tersambung lewat koneksi WiFi, pengguna bisa menggunakan layar smartphone sebagai jendela bidik raksasa. Hasil tangkapan foto bisa disimpan di unit lensa dan smartphone sekaligus.

Perbedaan kedua produk terletak di beberapa aspek. Smartlens DSC-QX10 dibekali sensor 18 megapixel dan lensa zoom 10x. Sementara "kakaknya", DSC-QX100, memiliki sensor 20,2 megapixel yang sama dengan kamera Sony RX-100 Mk.II dan lensa zoom 3x dengan label Carl Zeiss.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.