Presiden Iran Ngobrol dengan Pendiri Twitter

Kompas.com - 04/10/2013, 08:16 WIB
Presiden Iran Hassan Rouhani President.IrPresiden Iran Hassan Rouhani
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rouhani mengindikasikan bakal membuka akses internet global untuk seluruh rakyat Iran. Hal ini terungkap dalam perbicangan singkat Rouhani dengan pendiri Twitter, Jack Dorsey.

Pada Selasa (1/10/2013), Dorsey memulai perbicangan dengan mengajukan pertanyaan singkat. "Selamat malam, Presiden. Apakah warga Iran mampu membaca tweet Anda?

Ternyata, Rauhani bersedia membalas pertanyaan itu. Ia akan "Memastikan agar warga Iran bisa nyaman mengakses semua informasi global sebagaimana hak mereka."

Dorsey menyambut balasan tersebut dengan melontarkan kicauan, "Harap beritahu kami bagaimana kami dapat membantu mewujudkan hal tersebut."

Iran mulai memblokir media sosial dan situs internet lain sejak 2009, setelah demonstrasi nasional memprotes terpilihnya kembali Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden. Sebelumnya, banyak juga warga yang memanfaatkan media sosial untuk mengkritisi kebijakan pemerintah.

Agar tetap bisa mengakses situs web, warga Iran memakai perangkat lunak virtual private network (VPN) untuk mengindari firewall pemerintah.

Sekarang, Iran dipimpin oleh Presiden Hassan Rouhani yang diangkat pada Agustus lalu. Ulama yang dikenal moderat ini pernah berkata, sensor internet merupakan hal yang "sia-sia." Ia sudah memperlihatkan beberapa pendekatan yang lebih liberal untuk mengatur internet di Iran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X