Microsoft Rayu HTC dengan Windows Phone Gratis

Kompas.com - 04/10/2013, 15:47 WIB
Tampilan Windows Phone 8 NokiaTampilan Windows Phone 8
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Meski terus meningkat, pangsa pasar Windows Phone terhitung masih sangat kecil. IDC mencatat, pangsa pasar sistem operasi mobile buatan Microsoft ini hanya sebesar 3,7 persen.

Nah, untuk meningkatkannya, Microsoft dikabarkan telah "merayu" vendor ponsel pintar asal Taiwan, HTC, untuk menambah lini produk baru yang berbasiskan Windows Phone.

Adalah Terry Myerson, kepala unit sistem operasi Microsoft, yang dikabarkan oleh sumber kepada Bloomberg, Jumat (4/10/2013), sebagai orang yang diutus untuk melakukan pembicaraan dengan HTC pada bulan lalu. Myerson berharap, HTC mau menggunakan Windows Phone sebagai pilihan kedua, selain sistem operasi mobile buatan Google, Android.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini, HTC tidak perlu membayar mahal, bahkan gratis, untuk memasarkan perangkat Windows Phone tersebut. Biasanya, apabila ada sebuah vendor yang ingin merilis produk Windows Phone ke pasaran, mereka harus membayar sejumlah uang lisensi dengan nominal tertentu ke Microsoft.

Myerson mendiskusikan pemotongan atau menggratiskan biaya lisensi ini untuk membuat ide penggunaan Windows Phone tersebut lebih menarik.

Perbincangan antara Microsoft dan HTC dikatakan masih berada di tahap awal dan belum mencapai keputusan.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi mobile Android dan iOS, maka pangsa pasar Windows Phone memang masih sangat kecil. Menurut IDC, ia hanya mampu menguasai 3,7 persen pasar di kuartal kedua ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Android menguasai pasaran sistem operasi dengan 79 persen. Sementara itu, iOS berada di tingkat kedua dengan 13 persen.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.