Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rayu HTC dengan Windows Phone Gratis

Kompas.com - 04/10/2013, 15:47 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com — Meski terus meningkat, pangsa pasar Windows Phone terhitung masih sangat kecil. IDC mencatat, pangsa pasar sistem operasi mobile buatan Microsoft ini hanya sebesar 3,7 persen.

Nah, untuk meningkatkannya, Microsoft dikabarkan telah "merayu" vendor ponsel pintar asal Taiwan, HTC, untuk menambah lini produk baru yang berbasiskan Windows Phone.

Adalah Terry Myerson, kepala unit sistem operasi Microsoft, yang dikabarkan oleh sumber kepada Bloomberg, Jumat (4/10/2013), sebagai orang yang diutus untuk melakukan pembicaraan dengan HTC pada bulan lalu. Myerson berharap, HTC mau menggunakan Windows Phone sebagai pilihan kedua, selain sistem operasi mobile buatan Google, Android.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini, HTC tidak perlu membayar mahal, bahkan gratis, untuk memasarkan perangkat Windows Phone tersebut. Biasanya, apabila ada sebuah vendor yang ingin merilis produk Windows Phone ke pasaran, mereka harus membayar sejumlah uang lisensi dengan nominal tertentu ke Microsoft.

Myerson mendiskusikan pemotongan atau menggratiskan biaya lisensi ini untuk membuat ide penggunaan Windows Phone tersebut lebih menarik.

Perbincangan antara Microsoft dan HTC dikatakan masih berada di tahap awal dan belum mencapai keputusan.

Jika dibandingkan dengan sistem operasi mobile Android dan iOS, maka pangsa pasar Windows Phone memang masih sangat kecil. Menurut IDC, ia hanya mampu menguasai 3,7 persen pasar di kuartal kedua ini.

Android menguasai pasaran sistem operasi dengan 79 persen. Sementara itu, iOS berada di tingkat kedua dengan 13 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com