Google Music Sambangi iOS Akhir Oktober?

Kompas.com - 07/10/2013, 12:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah eksklusif di Android, layanan musik internet besutan Google, Music All Access dikabarkan akan menyambangi iPhone, iPad, dan iPod touch, pada akhir bulan Oktober ini.

Menurut sumber yang dikutip oleh Engadget, aplikasi Google Music untuk iOS saat ini sedang dicoba secara internal dan masih memerlukan beberapa perbaikan sebelum akhirnya nanti diluncurkan secara resmi.

Google Music All Access memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu secara streaming. Pengguna juga dapat membuat semacam stasiun radio dari semua lagu yang sedang didengar. Salah satu keunikan dari fitur radio ini, Google mengizinkan pendengar untuk "membuang" musik yang tidak mereka sukai dari radio yang sedang didengar.

Google Play Music All Access sebenarnya dijanjikan akan diluncurkan untuk iOS bulan Juni lalu atau hanya berjarak sebulan sejak resmi diluncurkan. Namun tanpa alasan yang spesifik hal tersebut ditunda.

Selama rentang waktu penantian itu, muncul aplikasi tidak resmi, seperti gMusic untuk menjawab kebutuhan pengguna iOS. Selain itu, Apple juga telah memperkenalkan layanan serupa, iTunes Radio.

iTunes Radio sendiri merupakan aplikasi gratis pada iTunes untuk berbagi musik pilihan dengan teman atau membuat channel baru sesuai dengan artis atau lagu tertentu yang kita inginkan. Juga memungkinkan pengguna untuk melihat dan membeli lagu secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Pembeda Google Music dari aplikasi sejenis

Google Music, iTunes Radio, dan beberapa aplikasi sejenis memiliki kegunaan yang sama, yakni memungkinkan penggunanya untuk memutar lagu sesuai keinginan dan menyimpannya di smartphone miliknya dengan biaya penggunaan setiap bulannya.

Google Music menawarkan suatu pengalaman yang baru bagi para pecinta musik. Dengan menyediakan pilihan pada kualitas musik yang hendak didengarkan dari lagu yang diputar.

Ketika hendak mendengarkan musik di aplikasi ini, pengguna diberi keleluasaan untuk memilih kualitas musik yang berkaitan dengan penggunaan data yang terpakai. Terdapat 3 pilihan yang tersedia yakni low, normal, dan high.

Sesuai dengan pilihan yang ada, terdapat perbedaan seperti jika kita memilih High Quality maka untuk mendengarkan 5 lagu berdurasi sekitar 23 menit akan menghabiskan data sebesar 69.58 MB. Sedangkan pada Low Quality dengan durasi lagu yang sama akan menghabiskan 34.68 MB atau hampir setengahnya.

Jika pengguna Android membayar 10 dollar AS setiap bulannya, Google Music di iOS disebutkan akan dikenakan biaya 8,99 dollar AS per bulan untuk mengakses jutaan lagu yang tersedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.