Bill Gates Terkaya karena Cerdas?

Kompas.com - 08/10/2013, 08:20 WIB
Mark Zuckerberg (Facebook), Larry Page, Sergey Brin (Google). (ki-ka) Mark Zuckerberg (Facebook), Larry Page, Sergey Brin (Google). (ki-ka)
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Setiap tahun, Forbes merilis daftar orang-orang terkaya. Pada bulan September lalu, majalah tersebut merilis daftar terbaru. Di antara 20 orang paling kaya di Amerika, tersebutlah nama pendiri Microsoft, Bill Gates; pendiri Oracle, Larry Ellison; pendiri Google; dan pendiri Facebook.

Gates menempati urutan pertama dalam daftar, dengan jumlah kekayaan mencapai 67 miliar dollar AS. Sementara itu, nama Ellison berada di posisi ke-5, dengan jumlah kekayaan 41 miliar dollar AS. Larry Page dan Sergey Brin (Google) di posisi ke-13 dan ke-14 dengan kekayaan 24,9 miliar dollar AS dan 24,4 miliar dollar AS. Sementara itu, Mark Zuckerberg (Facebook) di posisi ke-20 dengan kekayaan 19 miliar dollar AS.

AFP Bill Gates
Kenapa Bill Gates bisa lebih kaya daripada empat miliarder TI lainnya? Jika mengikuti hasil riset yang dilakukan oleh Jonathan Wai, seorang psikolog dan ilmuwan dari Duke University, AS, maka mungkin jawabannya adalah karena Gates lebih cerdas ketimbang keempat petinggi TI tersebut.

Kecerdasan menentukan kekayaan

Memang tak bisa dimungkiri, kesuksesan seseorang adalah buah dari kerja kerasnya. Bagi beberapa orang, kesuksesan juga diperoleh berkat faktor keberuntungan.

Namun, hasil riset Wai yang berjudul "Investigating America's Elite" menunjukkan bahwa tingkat kecerdasanlah yang jadi faktor penentu kesuksesan seseorang, terutama dalam hal kekayaan.

Riset Wai menyoroti hubungan antara kekayaan dan tingkat kecerdasan atau IQ (intelligence quotient) seseorang. Dari risetnya, dia membuat pengelompokan. Sebanyak 45 persen miliarder di AS berada dalam peringkat 1 persen paling atas pada daftar orang paling cerdas di negeri itu.

Sementara itu, kelompok-kelompok orang paling cerdas lainnya—yang punya IQ di bawah para miliarder itu—diisi oleh para senator, hakim federal, serta CEO dalam daftar Fortune 500 (daftar 500 perusahaan top di AS).

Hasil riset Wai, seperti dilansir oleh CNBC.com, juga menunjukkan bahwa di antara para miliarder itu, yang paling cerdas adalah mereka yang mendapatkan kekayaan dari bisnis teknologi dan investasi.

Jika kita menilik daftar orang paling kaya versi Forbes tahun 2013, memang ada banyak miliarder berasal dari dunia TI. Selain Bill Gates dan Larry Ellison, beberapa miliarder TI yang paling kaya adalah Jeff Bezos (Amazon.com), serta Larry Page dan Sergey Brin (Google). Di bawah mereka, masih ada nama-nama lainnya.

Untuk risetnya, Wai memperhitungkan orang-orang cerdas yang sukses berdasarkan latar belakang pendidikan bagus. Mereka adalah lulusan dari perguruan tinggi elite di AS, yang memasang kualifikasi tinggi untuk menjaring para mahasiswanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X