Kompas.com - 10/10/2013, 08:42 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Layanan internet berbasis teknologi 4G LTE diyakini akan tersedia segera di Indonesia. Dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali, beberapa operator sudah mengujicoba layanan tersebut.

SpeedUp, perusahaan teknologi asal Indonesia, pun memanfaatkan momentum itu untuk mengujicoba beberapa perangkatnya. Dengan menggandeng Telkomsel, yang menyediakan teknologi 4G LTE di ajang itu, SpeedUp mengujicoba modem dan MiFi (Mobile Internet WiFi).

Rahmad Widjaja Sakti, Direktur Pemasaran dan Produk SpeedUp, mengatakan SpeedUp siap menyambut era 4G LTE di Indonesia. "Kami menjadi merek lokal terdepan yang mengadopsi teknologi  ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

SpeedUp Modem 4G LTE dan SpeedUp Mifi 4G LTE disebut akan mulai tersedia di pasaran segera setelah regulasi pemerintah dimatangkan untuk pengoperasian jaringan LTE di Indonesia pada 2014.

Secara teori, 4G LTE memang akan menghadirkan koneksi yang lebih cepat bagi pengguna internet mobile. Namun, hal itu akan tergantung dari penerapan serta kesiapan jaringan di tingkat operator telekomunikasi.

Penerapan 4G LTE di Indonesia masih menemui beberapa kendala. Salah satunya, frekuensi yang akan digunakan untuk teknologi itu.

Beberapa yang diajukan termasuk 1800 MHz, 900 MHz dan 700 MHz. Namun tidak semua frekuensi itu tersedia secara bebas, 700 MHz misalnya masih digunakan untuk siaran televisi analog.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang LTE

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.