Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut LTE, SpeedUp Siapkan Modem dan MiFi

Kompas.com - 10/10/2013, 08:42 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Layanan internet berbasis teknologi 4G LTE diyakini akan tersedia segera di Indonesia. Dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali, beberapa operator sudah mengujicoba layanan tersebut.

SpeedUp, perusahaan teknologi asal Indonesia, pun memanfaatkan momentum itu untuk mengujicoba beberapa perangkatnya. Dengan menggandeng Telkomsel, yang menyediakan teknologi 4G LTE di ajang itu, SpeedUp mengujicoba modem dan MiFi (Mobile Internet WiFi).

Rahmad Widjaja Sakti, Direktur Pemasaran dan Produk SpeedUp, mengatakan SpeedUp siap menyambut era 4G LTE di Indonesia. "Kami menjadi merek lokal terdepan yang mengadopsi teknologi  ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

SpeedUp Modem 4G LTE dan SpeedUp Mifi 4G LTE disebut akan mulai tersedia di pasaran segera setelah regulasi pemerintah dimatangkan untuk pengoperasian jaringan LTE di Indonesia pada 2014.

Secara teori, 4G LTE memang akan menghadirkan koneksi yang lebih cepat bagi pengguna internet mobile. Namun, hal itu akan tergantung dari penerapan serta kesiapan jaringan di tingkat operator telekomunikasi.

Penerapan 4G LTE di Indonesia masih menemui beberapa kendala. Salah satunya, frekuensi yang akan digunakan untuk teknologi itu.

Beberapa yang diajukan termasuk 1800 MHz, 900 MHz dan 700 MHz. Namun tidak semua frekuensi itu tersedia secara bebas, 700 MHz misalnya masih digunakan untuk siaran televisi analog.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang LTE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com