Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Ponsel "Ditengok" dalam Sehari?

Kompas.com - 10/10/2013, 10:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com — Pengguna smartphone boleh dibilang "lengket" dengan gadget serbabisa itu. Sebentar-sebentar sang ponsel pintar pasti ditengok, sekadar untuk melihat notifikasi dari jejaring sosial dan instant messenger atau e-mail masuk.

Nah, seberapa seringkah smartphone dicek dalam sehari oleh si pemilik? Locket, perusahaan aplikasi Android yang membayar pemilik ponsel pintar untuk menempatkan iklan di layar Lock Screen, mencoba menemukan jawabannya dengan mengompilasi data yang diperoleh dari sekitar 150.000 pengguna.

Angka temuan Locket, sebagaimana dilansir oleh Buzzfeed, ternyata cukup mencengangkan. Terdapat beberapa kasus bahwa pengguna bahkan bisa membuka lockscreen alias membuka layar yang terkunci untuk mengecek perangkatnya hingga 900 kali dalam satu hari.

Secara rata-rata, tiap pemilik smartphone biasanya menengok ponsel pintar itu sebanyak 110 kali dalam 24 jam atau satu kali setiap enam hingga tujuh menit.

Locket
Grafik frekuensi pengecekan smartphone oleh pengguna berdasarkan waktu dalam sehari, berdasarkan data dari Locket

Frekuensi pengecekan yang dilakukan naik turun berdasarkan waktu-waktu tertentu (lihat grafik di atas). Pengguna tercatat paling aktif mengecek smartphone antara pukul 05.00 sore hingga 08.00 malam, dengan lebih dari 75 persen pengguna memeriksa perangkatnya.

Waktu-waktu yang mencatat penurunan frekuensi pengecekan antara lain antara pukul 03.00 hingga 05.00 pagi. Namun bahkan, pada waktu ini pun sebanyak 24 persen pengguna masih aktif menengok smartphone.

Temuan Locket senada dengan hasil studi serupa yang dilaporkan oleh ABC News pada akhir Mei lalu. Laporan Internet Trends Kleiner Perkins Caufield & Byers's tersebut bahkan menyebutkan angka yang lebih tinggi lagi, yaitu pengguna rata-rata mengecek ponselnya 150 kali dalam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com