Seberapa Sering Ponsel "Ditengok" dalam Sehari?

Kompas.com - 10/10/2013, 10:22 WIB
Smartphone (Sanjagnero via sxc.hu)Smartphone
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pengguna smartphone boleh dibilang "lengket" dengan gadget serbabisa itu. Sebentar-sebentar sang ponsel pintar pasti ditengok, sekadar untuk melihat notifikasi dari jejaring sosial dan instant messenger atau e-mail masuk.

Nah, seberapa seringkah smartphone dicek dalam sehari oleh si pemilik? Locket, perusahaan aplikasi Android yang membayar pemilik ponsel pintar untuk menempatkan iklan di layar Lock Screen, mencoba menemukan jawabannya dengan mengompilasi data yang diperoleh dari sekitar 150.000 pengguna.

Angka temuan Locket, sebagaimana dilansir oleh Buzzfeed, ternyata cukup mencengangkan. Terdapat beberapa kasus bahwa pengguna bahkan bisa membuka lockscreen alias membuka layar yang terkunci untuk mengecek perangkatnya hingga 900 kali dalam satu hari.

Secara rata-rata, tiap pemilik smartphone biasanya menengok ponsel pintar itu sebanyak 110 kali dalam 24 jam atau satu kali setiap enam hingga tujuh menit.

Locket
Grafik frekuensi pengecekan smartphone oleh pengguna berdasarkan waktu dalam sehari, berdasarkan data dari Locket

Frekuensi pengecekan yang dilakukan naik turun berdasarkan waktu-waktu tertentu (lihat grafik di atas). Pengguna tercatat paling aktif mengecek smartphone antara pukul 05.00 sore hingga 08.00 malam, dengan lebih dari 75 persen pengguna memeriksa perangkatnya.

Waktu-waktu yang mencatat penurunan frekuensi pengecekan antara lain antara pukul 03.00 hingga 05.00 pagi. Namun bahkan, pada waktu ini pun sebanyak 24 persen pengguna masih aktif menengok smartphone.

Temuan Locket senada dengan hasil studi serupa yang dilaporkan oleh ABC News pada akhir Mei lalu. Laporan Internet Trends Kleiner Perkins Caufield & Byers's tersebut bahkan menyebutkan angka yang lebih tinggi lagi, yaitu pengguna rata-rata mengecek ponselnya 150 kali dalam sehari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BuzzFeed
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.