Kompas.com - 11/10/2013, 08:11 WIB
Kantor pusat Indosat di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Aditya Panji/KompasTeknoKantor pusat Indosat di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Indosat menandatangani nota kesepakatan dengan SubPartners, Kamis (10/10/2013), untuk ikut dalam pengembangan sistem kabel laut APX-West yang akan menghubungkan Perth, Australia hingga ke Changi Utara, Singapura.

Dengan kesepakatan ini, Indosat berpartisipasi membangun koneksi dari APX-West ke stasiun kabel laut Indosat di Ancol, Jakarta Utara. Perusahaan berharap kapasitas jalur telekomunikasinya ke Singapura akan meningkat, dan juga memiliki pilihan meningkatkan kapasitas komunikasi ke pasar Australia melalui Perth.

Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, koneksi kabel laut Indosat ke APX-West akan menambah jaringan kabel laut internasional Indosat yang sudah ada, seperti Jakabare, SMW3, dan AAG.

"Kerjasama pengembangan kabel laut ini, selain bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan internasional kami, juga menjadi bagian dari strategi kami dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan data karena pertumbuhan trafik komunikasi data internasional yang terus meningkat," kata Alexander dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Indosat menjadi satu-satunya operator APX-West dan mitra penjualan berlisensi di Indonesia. Sekedar catatan, APX-West merupakan bagian dari proyek pembangunan kabel laut APX Project yang juga menghubungkan Sydney dan Amerika Serikat sebagai bagian dari APX-East.

Hingga kini, Indosat memiliki dan mengoperasikan berbagai sistem kabel laut, antara lain Jakabare (Jakarta-Kalimantan-Batam-Singapore), SMW3 (South East Asia-Middle East-West Europe), JaSutera (Jawa-Sumatera), Jambi-Batam-Singapura, AAG (Asia-America Gateway), Javali (Jawa-Bali), Jakasusi (Jawa-Kalimantan-Sulawesi), dan Jakarta-Surabaya.

Selain Kabel laut, Indosat juga memiliki jaringan terestrial yang menghubungkan sistem komunikasi dari Surabaya ke Madura, backbone pulau Jawa, backbone pulau Sumatera, backbone Kalimantan (Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda, Banjarmasin-Palangkaraya-Sampit) dan backbone Sulawesi (Makasar-Palu).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.