"Badai" PHK di HP Baru Reda Akhir 2014

Kompas.com - 11/10/2013, 11:40 WIB
CEO Hewlett-Packard, Meg Whitman Kevork Djansezian/APCEO Hewlett-Packard, Meg Whitman
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) telah memberhentikan cukup banyak tenaga kerja hingga saat ini. Hingga bulan Mei 2012 saja, HP telah merumahkan sekitar 28.000 tenaga kerjanya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, HP dikabarkan akan memangkas 1.000 lagi karyawannya hingga bulan Oktober 2014 mendatang.

Setelah Oktober 2014, akankah HP kembali melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawannya? Meg Whitman, CEO HP, dalam pertemuan tahunan para analis HP beberapa waktu lalu, menyatakan bahwa itu adalah pemangkasan besar-besaran terakhir yang akan dilakukan HP.

Pemotongan tersebut, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (11/10/2013), akan berakhir pada Oktober 2014, bertepatan dengan ditutupnya tahun fiskal 2014 HP.

"Setelah 2014, kami tidak akan melakukan restrukturisasi besar lainnya," janji Whitman.

HP melakukan PHK karyawan besar-besaran sejak tahun 2008 lalu. Pada saat itu, jumlah karyawan HP menggelembung setelah pihak manajemen memutuskan untuk membeli perusahaan TI, beserta karyawannya, bernama EDS.

Karyawan-karyawan EDS jumlahnya tidak sedikit. Setelah digabung ke divisi Entrepises Services HP, jumlah karyawan HP malah meningkat dua kali lipatnya. Jumlah karyawan HP meningkat dari 172.000 menjadi 311.000 karyawan. Tentu hal tersebut menjadi biaya beban tambahan bagi HP. Oleh karena itulah, keputusan pemutusan tenaga kerja tersebut diambil.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X