Apple Pangkas Produksi iPhone "Plastik"

Kompas.com - 11/10/2013, 13:38 WIB
Apple iPhone 5S dan iPhone 5C AppleApple iPhone 5S dan iPhone 5C
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan telah mengurangi jumlah produksi harian salah satu ponsel terbarunya, iPhone 5C. Jumlah yang dipotong pun cukup besar, yaitu mencapai setengahnya.

Menurut laporan dari situs web asal China C Technology, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (11/10/2013), Apple telah memerintahkan pabrik perakit iPhone 5C untuk memotong produksi iPhone 5C dari 300.000 menjadi 150.000 unit perharinya.

Belum ada penjelasan mengapa Apple mengambil keputusan tersebut. Namun, situs Cnet menduga, sedikitnya permintaan iPhone 5C dibanding ponsel baru Apple lainnya, iPhone 5S, menjadi salah satu alasan utamanya.

Selain itu, iPhone 5C yang berbahan luar plastik ini dikabarkan memiliki stok jauh lebih banyak dibandingkan dengan iPhone 5S. Oleh karena itulah, Apple memutuskan untuk memperlambat produksi produk tersebut.

Salah satu buktinya, pembeli iPhone 5C secara online sudah bisa mendapatkan perangkat yang dibeli satu hari setelah pemesanan. Sementara, konsumen yang membeli iPhone 5S secara online baru bisa mendapatkan perangkat tersebut beberapa minggu setelah pemesanan.

Bukti lainnya berasal dari sebuah laporan yang menyebutkan bahwa jumlah stok iPhone 5C di pasaran gelap China masih banyak. Sebaliknya, stok iPhone 5S mulai menipis di pasaran tersebut.

Pasar gelap yang dimaksud adalah jalur distribusi legal, tetapi tidak resmi dari Apple.

Apple masih belum mengeluarkan komentarnya terkait pemotongan produksi ini.



Sumber CNET

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X