Ini Dia Kamera Mewah Karya Perancang iPhone

Kompas.com - 12/10/2013, 08:55 WIB
Kamera Leica M rancangan Jony Ive LeicaKamera Leica M rancangan Jony Ive
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Kamera Leica M rancangan Jony Ive

KOMPAS.com — Inilah hasinya ketika perancang iPhone dan iPad, Jonathan Ive, merancang sebuah kamera khusus untuk Leica, pabrikan kamera legendaris itu.

Bekerja sama dengan desainer industri Marc Newson yang juga merupakan sobat lamanya, Ive menciptakan kamera Leica M edisi terbatas yang sekilas tampak mirip dengan komputer Apple rancangannya, sederhana dan "bersih".

Sebagaimana dikutip dari Cnet, hampir seluruh tubuh kamera ini dilapis anodized aluminium. Lapisan kulit berwarna hitam ala kamera rangefinder Leica pun diganti dengan lempengan logam berlubang-lubang serupa penutup grill speaker.

"Jeroan" internalnya diperkuat sensor full-frame 24 megapiksel, dipadu "prosesor berkinerja tinggi" dan lensa Leica APO-Summicron 50mm f2 ASPH yang dirancang senada dengan unit kamera.

Leica
Tampak belakang kamera rancangan Jony Ive


Meski terlihat simple, kamera mewah ini ternyata membutuhkan proses pengerjaan yang panjang. Pihak Leica membuat 561 model dan hampir 1.000 buah komponen prototipe selama 85 hari sebelum akhirnya sampai pada desain final.

Kamera Leica M edisi khusus ini pun hanya akan dibuat sebanyak 40 buah. Penjualannya dilakukan melalui lelang di balai Sotheby's di New York, 23 November mendatang, sepaket dengan earphone Apple EarPod yang dilapis emas 18 karat dan piano Steinway.

Harga kamera tersebut diperkirakan bisa mencapai kisaran 500.000-750.000 dollar AS. Hasil penjualannya akan disumbangkan untuk usaha amal RED pimpinan vokalis U2, Bono, untuk memerangi AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

Leica
Tampak dekat kamera Leica rancangan Jony Ive



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X