Kompas.com - 12/10/2013, 12:50 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan game berbasis cloud Agawi kembali mengumumkan hasil tes pada layar sentuh. Kali ini tes itu membandingkan beberapa perangkat tablet untuk mencari perangkat yang paling responsif.

Tes yang bernama Touchmarks II ini dilakukan pada Selasa (8/10/2013) dengan membandingkan perangkat tablet berbasis iOS, Android, dan Windows. Hasilnya, iPad mini menjadi yang tercepat.

Tes ini dilakukan dengan metode Touchscope, yang mengukur jeda waktu saat pengguna menyentuh layar dengan kecepatan perangkat memunculkan aplikasi yang diminta pengguna melalui sentuhan tersebut.

Hasil tes ditunjukkan dalam satuan millisecond. Dilakukan minimum 50 kali percobaan pada masing-masing perangkat.

Melalui tes Minimum App Response Times (MART) Apple nampak memiliki keunggulan dari yang lain. iPad mini muncul pada peringkat pertama dan disusul oleh iPad 4.

Sebelumnya, iPhone juga disebut lebih responsif dibandingkan perangkat Android kelas atas. (Baca: iPhone Lebih Responsif dari Android Kelas Atas)

Sedangkan perangkat berbasis Android hanya mampu berada diperingkat ketiga lewat Nvidia Shield. Bahkan Galaxy Tab 3 berada pada peringkat akhir hasil tes responsif ini.

Perbedaan yang tipis terlihat antara peringkat 1 hingga 4, dengan selisih beberapa millisecond saja. iPad mini dengan 75ms, diikuti iPad 4 81 ms, Nvidia Shield 92 ms, dan Surface RT 95ms.

Kecilnya waktu yang menjadi pembeda ini disebut akan terasa saat perangkat digunakan untuk bermain games atau aplikasi musik interaktif (mixing tool). Dua jenis aplikasi yang membutuhkan tingkat respons tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.