Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gelar "Pesta", Pancing Karyawan BlackBerry

Kompas.com - 14/10/2013, 07:39 WIB
Namira Daufina

Penulis

KOMPAS.com — Apple diketahui telah menggelar sebuah "pesta perekrutan" untuk calon karyawan baru. Acara itu diadakan di Ontario, Kanada, tak terlalu jauh dari markas BlackBerry.

Diduga, setelah Blackberry berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.500 karyawannya, Apple berniat merekrut sebagian karyawan perusahaan asli Kanada tersebut.

Seperti yang dilansir oleh Financial Post, Apple menggelar acara itu di sebuah hotel di Cambridge, Ontario, sekitar 20 kilometer dari markas BlackBerry di Waterloo, Ontario.

Acara itu dimaksudkan sebagai upaya menjaring talenta lokal yang ada di sana untuk pindah ke Silicon Valley. Apple akan mengurus segala keperluan pemindahan lokasi dan imigrasi yang dibutuhkan oleh para calon karyawannya.

Menurut Financial Post, beberapa karyawan BlackBerry yang terpilih telah mendapatkan undangan itu lewat LinkedIn.

Perekrutan karyawan ini merupakan akibat dari kebijakan BlackBerry untuk memotong 40 persen jumlah karyawannya di seluruh dunia. BlackBerry menargetkan penghematan biaya operasional 50 persen hingga 2015.

Program "penghematan" yang dilakukan BlackBerry ini buntut ketidakmampuan BlackBerry bersaing di bisnis ponsel. Ketertinggalan ini telah mengakibatkan BlackBerry mengalami kerugian hingga 1 miliar dollar AS pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com