Kompas.com - 14/10/2013, 07:39 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Apple diketahui telah menggelar sebuah "pesta perekrutan" untuk calon karyawan baru. Acara itu diadakan di Ontario, Kanada, tak terlalu jauh dari markas BlackBerry.

Diduga, setelah Blackberry berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.500 karyawannya, Apple berniat merekrut sebagian karyawan perusahaan asli Kanada tersebut.

Seperti yang dilansir oleh Financial Post, Apple menggelar acara itu di sebuah hotel di Cambridge, Ontario, sekitar 20 kilometer dari markas BlackBerry di Waterloo, Ontario.

Acara itu dimaksudkan sebagai upaya menjaring talenta lokal yang ada di sana untuk pindah ke Silicon Valley. Apple akan mengurus segala keperluan pemindahan lokasi dan imigrasi yang dibutuhkan oleh para calon karyawannya.

Menurut Financial Post, beberapa karyawan BlackBerry yang terpilih telah mendapatkan undangan itu lewat LinkedIn.

Perekrutan karyawan ini merupakan akibat dari kebijakan BlackBerry untuk memotong 40 persen jumlah karyawannya di seluruh dunia. BlackBerry menargetkan penghematan biaya operasional 50 persen hingga 2015.

Program "penghematan" yang dilakukan BlackBerry ini buntut ketidakmampuan BlackBerry bersaing di bisnis ponsel. Ketertinggalan ini telah mengakibatkan BlackBerry mengalami kerugian hingga 1 miliar dollar AS pada 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.