Rumor: GTA V untuk PC Hadir Awal 2014

Kompas.com - 14/10/2013, 13:55 WIB
Grand Theft Auto V Rockstar GamesGrand Theft Auto V
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Rockstar memang masih belum menunjukkan tanda-tanda akan menghadirkan game populer Grand Theft Auto (GTA) V untuk platform PC. Namun, berbagai sumber sudah mengungkapkan, game ini pada akhirnya Rockstar akan berbaik hati dan merilisnya di PC.

Menurut bocoran informasi dari beberapa sumber kepada situs media game Eurogamer, Minggu (13/10/2013), game yang baru hadir di konsol Playstation 3 dan Xbox 360 ini, akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2014.

Artinya, game ini sudah bisa dimainkan di PC pada bulan-bulan awal tahun 2014 mendatang.

Jika informasi tersebut tepat, boleh jadi Rockstar meniru strategi mereka pada game GTA seri sebelumnya. Pada tahun 2008, Rockstar merilis GTA 4 juga hanya untuk konsol game Playstation 3 dan Xbox 360 pada 29 April. Gamer PC harus menunggu lebih lama, sekitar 8 bulan, hingga akhirnya bisa menikmati game tersebut pada Desember 2008.

Tanda-tanda kemunculan GTA V di PC memang sudah muncul sebelumnya. Entah disengaja atau tidak, Senior Director Nvidia, Chris Evenden, pernah menyebutkan nama game tersebut pada sebuah momen.

"Gamer (PC) sedang menyiapkan sistem mereka untuk game yang lebih kuat yang akan datang di akhir tahun, termasuk franchise terkenal, seperti Call of Duty: Ghosts, GTA V, dan Assassin's Creed 4," katanya.

Namun, pernyataan tersebut langsung disanggah oleh juru bicara Nvidia. "Nvidia tidak memiliki informasi mengenai kapan tepatnya ketersediaan dari GTA versi PC," kata juru bicara tersebut.

Game GTA V sendiri berhasil memecahkan rekor tersendiri bagi Rockstar. Total nilai transaksi GTA V telah mencapai 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 9 triliun pada hari pertama penjualan di dunia. Penjualan game ini pun telah melewati 1 miliar dollar AS pada hari ketiga penjualannya.

GTA V dikembangkan oleh perusahaan Rockstar Games. Pembuatan game GTA V memakan waktu 5 tahun, dengan ongkos produksi 265 juta dollar AS atau sekitar Rp 3 triliun. GTA V dinobatkan sebagai game dengan ongkos produksi termahal sepanjang sejarah.

Game ini menawarkan tiga tokoh protagonis. Rockstar Games dan Two-Take Interactive, bekerja keras menjadikannya sebagai game open-world terluas yang pernah ada. Saat ini, GTA V tersedia untuk konsol game Sony PlayStation 3 dan Microsoft Xbox 360.



Sumber Eurogamer

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X