Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Jam Tangan Pintar dari Nike dan Adidas

Kompas.com - 17/10/2013, 10:44 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber SlashGear
KOMPAS.com - Vendor smartphone punya dua pesaing baru untuk urusan produk jam tangan pintar. Perusahaan alat-alat olahraga, Nike dan Adidas, telah menyatakan kesiapannya untuk bersaing di pasaran tersebut.

Baik Nike maupun Adidas telah merilis produk jam tangan pintarnya masing-masing. Nike menamakan produk jam tangan mereka sebagai Nike+ FuelBand SE. Sementara, Adidas memberi tajuk miCoach Smart Run.

Keduanya memiliki bentuk yang jauh berbeda. FuelBand SE memiliki bentuk lebih trendi, mirip seperti sebuah gelang karet. Sedangkan miCoach Smart Run didesain dengan bentuk yang sama dengan jam tangan pada umumnya.

Namun, keduanya memiliki satu fungsi yang sama, yaitu untuk mencatat kegiatan olahraga dari penggunanya. Keduanya tidak bisa digunakan untuk membuka email, melihat pesan teks, dan kalender.

Nike+ Fuelband SE

Produk ini sebenarnya sudah memasuki generasi kedua. Oleh karena itulah, Nike menambahkan kata SE di belakang merek, mungkin merupakan singkatan dari Second Edition. Generasi pertamanya sendiri, Fuelband, hanya populer di kalangan tertentu di Indonesia -- karena memang tidak dipasarkan di sini.

Bentuk dari Fuelband SE sendiri tidak mengalami begitu banyak perubahan dibandingkan generasi pertama. Pembedanya adalah adanya campuran warna lain di bagian tubuh, membuatnya semakin terlihat menarik. Tersedia warna oranye, kuning, dan merah muda.

Tidak ada perubahan fitur yang terlalu berarti dari generasi pertama. Perangkat ini dapat digunakan untuk mencatat pergerakan dari para penggunanya. Bedanya, Nike mengklaim produk ini lebih responsif dalam mengenali gerakan.

Jam tangan pintar yang dapat berfungsi sebagai gelang ini, seperti dikutip dari Slashgear, Kamis (17/10/2013), dapat mencatat aktivitas seperti bersepeda, berlari, dan mendayung.

Keunikan dari perangkat ini, pengguna dapat mengirimkan data gerakan tersebut ke perangkat iPod maupun iPhone. Nantinya, aplikasi penerima data tersebut akan membuatkan semacam grafik agar pengguna bisa mempelajari aktivitas harian mereka.

Nike+ FuelBand SE ini sudah akan dijual di Amerika Serikat mulai 6 November 2013 mendatang dengan harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta.

Adidas miCoach Smart Run

Adidas mengungkapkan, jam tangan pintar mereka sebagai aksesoris fitnes, daripada bergantung kepada smartphone. Artinya, perangkat ini dapat bekerja sendiri tanpa harus dihubungkan ke ponsel pintar.

"Kami tidak berusaha membuat jam tangan pintar, tetapi jam tangan lari terpintar," kata Paul Gaudio, Head of Adidas Interactive, masih dikutip dari Slashgear.

Slashgear
Adidas miCoach Smart Run
Perangkat yang satu ini memiliki layar sentuh 1,45 inci yang mendukung resolusi 184 x 184 piksel. miCoach Smart Run berjalan di sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.1 dengan tampilan antarmuka buatan sendiri.

Halaman:
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com