Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Baru Intel Tertunda Hingga 2014

Kompas.com - 17/10/2013, 16:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Broadwell adalah chip generasi selanjutnya dari Intel yang menjanjikan konsumsi daya lebih irit hingga 30 persen dibandingkan keluarga prosesor Haswell (Core Generasi ke-4) yang beredar saat ini.

Penghematan listrik diperoleh dengan beralih menggunakan fabrikasi 14nm, dari 22nm yang digunakan sekarang. Peralihan itu juga akan menciutkan ukuran prosesor sehingga bisa muat di dalam tablet atau perangkat lain tanpa perlu menggunakan kipas pendingin.

Akan tetapi, proses manufaktur 14nm Intel ternyata masih bermasalah dan belum bisa mengeluarkan tingkat produksi yang diinginkan. Kedatangan Broadwell pun terpaksa ditunda hingga tahun depan (2014).

Hal itu diterangkan oleh CEO Intel Brian Kraznich pada sesi telewicara seusai rilis laporan keuangan kuartal 3 perusahaannya.

"Ini hanyalah soal masih banyaknya hasil produksi yang tidak sempurna," ujar Kraznich, seperti dikutip oleh The Register. "Seiring dengan pengembangan, hal tersebut akan diperbaiki dan tingkat produksi, yaitu jumlah inti prosesor yang dihasilkan per wafer silikon, akan meningkat."

Chip Broadwell dijadwalkan akan mulai diproduksi massal pada kuartal pertama 2014. Intel mengklaim telah "cukup nyaman" dengan tingkat produksi tapi masih menerapkan berbagai perbaikan dan perubahan untuk meningkatkan kualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com