Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Oppo N1

Kompas.com - 18/10/2013, 09:25 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo kembali menggebrak pasar Indonesia. Vendor ponsel pintar asal China ini baru saja merilis ponsel jumbo perdananya, Oppo N1.

Kesan pertama saat menggenggam Oppo N1, konstruksinya terasa kokoh, meski bagian cangkangnya terbuat dari plastik. Bagian tersebut terasa sangat solid. Bagian body-nya dipercantik dengan frame atau rangka berbahan aluminium.

KOMPAS.com/Deliusno
Oppo N1
Perangkat ini memang terlihat sangat besar. Wajar saja, produk baru tersebut memiliki bentang layar 5,9 inci. Secara detil, produk ini memiliki dimensi 170,7 x 82,6 x 9 mm.

Dengan ukuran seperti ini, sangat sulit untuk mengoperasikan perangkat dengan menggunakan satu tangan. Sangat sulit untuk meraih ujung layar dengan menggunakan satu jempol jari tangan. Disarankan menggunakan dua tangan untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

KOMPAS.com/Deliusno
Sulit mengoperasikan perangkat ini dengan satu jari saja
Di sisi atas ponsel terdapat kamera yang dapat diputar hingga 206 derajat. Di samping kanan ada tombol pengatur volume dan tombol power. Lalu, di samping kiri, terdapat slot kartu microSIM. Di bagian bawah ada slot jack 3,5 mm, port pengisi daya, dan speaker.

Di bagian belakang, terdapat area touchpad yang dibatasi dengan gambar kotak. Touchpad yang disebut O-Touch ini bisa mengenali sentuhan serta gesture yang dilakukan oleh jari tangan. Fitur ini sangat berguna untuk mengambil gambar, browsing, membaca, dan mendengarkan musik.

KOMPAS.com/Deliusno
Bagian belakang Oppo N1
Layar 5,9 inci pada Oppo N1 mampu menampilkan kontras dan warna yang cukup baik, lantaran layar ini memakai jenis IPS dengan resolusi 1080 x 1920 pixel dan kerapatan 377 pixel per inci.

Dari sisi komponen hardware, N1 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 kecepatan 1,7 GHz jenis quad-core dan RAM 2 GB. Dengan kombinasi prosesor seperti ini, perangkat tersebut mampu secara gegas membuka aplikasi, browsing internet, dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

KOMPAS.com/Deliusno
Bagian atas Oppo N1 dilengkapi dengan kamera putar
KompasTekno mencoba menjalankan game dengan kualitas grafis yang cukup tinggi, Beach Buggy, di Oppo N1. Hasilnya, perangkat ini dapat menjalankannya dengan baik, tanpa adanya lag.

Oppo N1 berjalan di sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang dipercantik dengan tampilan antarmuka buatan Oppo sendiri, Color OS.

Tidak hanya mempercantik, Color OS juga hadir dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna mengoperasikan perangkat ini. Contohnya, hanya dengan membuat gerakan tertentu di layar dengan jari, pengguna bisa menyalakan ponsel ini, kamera, dan beberapa aplikasi. Pengguna juga dapat melakukan beberapa gesture sederhana untuk mengatur volume dan mengambil screenshot pada layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com