Intel Desak Produsen Bikin Tablet dan Laptop Murah

Kompas.com - 18/10/2013, 10:24 WIB
Produk tablet berbasis Android dan Windows 8 yang memakai prosesor Intel Aditya Panji/KompasTeknoProduk tablet berbasis Android dan Windows 8 yang memakai prosesor Intel
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, perusahaan semikonduktor Intel terus mendorong para OEM (produsen tablet atau PC) untuk merilis tablet berbasiskan prosesor Intel dengan harga yang lebih terjangkau. Diharapkan, produk jenis ini dapat dibanderol dengan harga kurang dari 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Tidak hanya tablet, Intel tengah berupaya agar OEM mau membuat produk laptop dengan harga yang sangat terjangkau.

Dalam konferensi dengan analis, seperti dikutip dari VentureBeat, Kamis (17/10/2013), Brian Krzanich, CEO Intel, berharap para vendor ini menjual laptop berbasiskan prosesor Intel Core generasi ke-4, Haswell, dengan harga mulai dari 300 dollar AS dan 349 dollar AS untuk produk hybrid antara laptop dan tablet.

Sementara, menjelang akhir tahun ini, Krzanich membocorkan bahwa akan ada 8 hingga 10 model perangkat notebook berbasiskan Bay Trail yang dijual di seputaran harga 299 dollar AS.

Sebagai informasi, produk tablet terjangkau dari Intel nantinya akan menggunakan prosesor Atom generasi terbaru, yang memiliki nama kode Bay Trail. Selain tablet, prosesor ini juga akan mempersenjatai laptop murah. Sementara, laptop kelas atas akan bersenjatakan prosesor Haswell.

Lebih lanjut, Krzanich membeberkan, laptop dengan layar sentuh yang dipersenjatai Haswell akan semakin banyak ditawarkan menjelang akhir tahun 2013 ini.

Krzanich berharap, dengan kemampuan hemat daya tahan baterai hingga 50 persen dan peningkatan kemampuan grafis, ditambah dengan harga yang terjangkau, akan menggoda peminat tablet Android dan iOS untuk kembali berpaling ke PC.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.