Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Upgrade ke Windows 8.1?

Kompas.com - 18/10/2013, 13:26 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8.1, sudah bisa diunduh sejak 18 Oktober 2013. Microsoft membawa beberapa fitur baru dan memperbaiki masalah yang sebelumnya ada di Windows 8.

Perubahan besar pada Windows 8.1, adalah kembalinya tombol Start di sisi kiri bawah. Anda tentu penasaran ingin mencicipi sistem operasi ini, berikut cara melakukan upgrade ke Windows 8.1 bagi pengguna Windows 8, WIndows 7, Windows Vista dan XP,

Windows 8

Bagi pengguna Windows 8, Anda bisa mengunduh Windows 8.1 secara gratis dari toko aplikasi Windows Store.

Sebelum mengunduhnya, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan data bebas sebesar 3,5GB sampai 4GB. Pastikan pula bahwa Anda telah melakukan back-up dokumen-dokumen penting yang tersimpan dan melakukan update driver.

Perangkat lunak yang sudah terpasang di Windows 8 tidak terhapus jika pengguna melakukan upgrade ke Windows 8.1.

Jika Anda sudan siap, maka masuklah ke toko aplikasi Windows Store. Pilih menu Charms, lalu Settings, klik Your Account, dan Sign in. Anda tinggal memilih Update to Windows 8.1 for free.


Jika opsi tersebut tidak tersedia, maka Anda diharuskan memperbarui Windows patch. Caranya, kembali ke menu Start, masuk ke bar Charms. Kemudian pilih Settings, Change PC settings, dan klik Windows Update. Cek semua update yang tersedia dan install semuanya. Setelah itu, Anda harus melakukan restart.

Jika Anda telah melakukan semua langkah tersebut, namun belum ada pilihan upgrade ke Windows 8.1, Anda harus bersabar sejenak. Karena, mungkin Microsoft memberikan upgrade Windows 8.1 secara bertahap dalam waktu yang berbeda untuk penggunanya.

Windows 7

Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbarui sistem operasi Windows 7 ke Windows 8.1. Windows 8.1 Home dihargai sekitar 119.99 dollar AS, sedangkan Windows 8.1 Pro dibanderol lebih mahal, yakni 199,99 dollar AS.

Sistem operasi Windows 8.1 bisa diunduh secara online dari situs web Microsoft, atau membeli kepingan DVD di toko retail terdekat dari tempat tinggal Anda.

Sebelum memperbarui sistem operasi ke Windows 8.1, pastikan spesifikasi perangkat keras komputer Anda mendukung syarat minimum, setidaknya memakai prosesor dengan clock speed 1GHz, RAM 1GB untuk versi 32-bit atau RAM 2GB untuk versi 64-bit, ruang bebas di hard drive 16GB untuk versi 32-bit atau 20GB untuk versi 64-bit, dan kartu grafis yang mendukung DirectX 9.

Pastikan Anda melakukan back-up atas dokumen dan perangkat lunak penting. Instalasi Windows 8.1 pada komputer yang sebelumnya menjalankan Windows 7, akan menghapus semua pengaturan dan perangkat lunak yang sudah terpasang.

Windows Vista dan XP

Bagi pengguna Windows Vista dan XP, tak ada cara mudah untuk memperbarui sistem operasi ke Windows 8.1. Anda tak bisa mengunduh Windows 8.1 secara online.

Cara satu-satunya adalah membeli kepingan DVD Windows 8.1 yang tersedia di toko retail terdekat. Windows 8.1 Home dihargai sekitar 119.99 dollar AS, sedangkan Windows 8.1 Pro dibanderol lebih mahal, yakni 199,99 dollar AS.

Karena Anda melakukan install ulang, maka semua pengaturan dan perangkat lunak Anda akan terhapus. Sangat disarankan untuk melakukan back-up dokumen penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com