Bos Intel Tanggapi Prosesor iPhone 5S

Kompas.com - 18/10/2013, 14:01 WIB
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm) IntelProsesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diperkenalkan, chip mobile 64-bit Apple A7 yang tertanam pada iPhone 5S telah menuai banyak reaksi dari kalangan industri. CEO Intel Brian Kraznich pun tak ketinggalan berkomentar.

Ketika ditanya tentang prosesor 64-bit Apple oleh seorang analis pada sesi telewicara seusai rilis laporan keuangan Intel Selasa (16/10/2013) lalu, Brian mengatakan bahwa seluruh chip yang dibuat oleh perusahaannya saat ini sebenarnya sudah mengusung arsitektur 64-bit.

"Selain itu, kalau Anda bandingkan A7 dengan Bay Trail (seri prosesor mobile baru dari Intel) yang menggunakan teknologi manufaktur 22nm, maka kepadatan transistor produk kami lebih tinggi dari A7," jelas Kraznich, sebagaimana dikutip oleh BGR.

Dia melanjutkan bahwa A7 sebenarnya adalah produk bagus, tapi chip Intel memiliki kelebihan dalam hal proses fabrikasi yang lebih kecil, yaitu 22nm dibandingkan teknologi 28nm pada A7

Pada dasarnya, prosesor gadget Intel Atom memang sudah mendukung instruksi 64-bit (x86-64 atau x64). Arsitektur tersebut berbeda dari ARMv8 64-bit yang digunakan oleh Apple pada chip A7.

Saat ini dukungan 64-bit milik prosesor Intel belum bisa dimanfaatkan karena sistem operasi Android dan Windows  versi mobile yang memang belum beranjak dari pemrograman 32-bit. Tapi Intel menjanjikan bahwa pihaknya sudah akan merilis tablet BayTrail dengan OS WIndows 8.1 64-bit pada kuartal pertama tahun depan.

Selain Intel dan Apple, produsen chip lain yang sudah menyatakan bakal membuat prosesor gadget 64-bit adalah Samsung dan Nvidia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.