Kompas.com - 20/10/2013, 09:25 WIB
Ilustrasi wisatawan mancanegara TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN Ilustrasi wisatawan mancanegara
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung resmi terhubung dengan sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Langkah ini diharapkan dapat mendorong partisipasi warga dalam mengawasi program-program pembangunan dan pelayanan publik secara online.

Layanan ini diresmikan pada Jumat (18/10/2013) dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) Kuntoro Mangkusubroto sebagai instansi pengembang sistem LAPOR dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Juru bicara UKP-PPP menjelaskan dalam siaran pers, bahwa setiap laporan dari masyarakat akan terdokumentasi dalam sistem LAPOR dan dapat diawasi maupun dikomentari secara langsung tindak lanjutnya.

Warga Bandung dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara mudah melalui situs http://lapor.ukp.go.id, atau aplikasi mobile di BlackBerry (unduh di sini) dan Android (unduh di sini), maupun SMS ke 1708 dengan format "BDG (spasi) isi aduan".

Tim administrator LAPOR akan memverifikasi laporan warga dan mendisposisikan laporan melalui sistem LAPOR kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berwenang.

Berbasis media sosial, LAPOR memiliki fungsi crowdsourcing yang diharapkan bisa memudahkan Pemerintah Kota Bandung dalam mengidentifikasi persoalan primer perkotaan langsung dari warganya.

Pemerintah Kota Bandung merupakan pemerintah kota pertama yang terhubung dengan sistem LAPOR, menyusul Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan 67 Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian lainnya yang sudah terhubung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 2012, LAPOR telah digunakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung perbaikan infrastruktur, penanganan kebersihan kota, hingga penanggulangan banjir besar Jakarta pada Januari 2013.

Hingga kini LAPOR telah digunakan lebih dari 200.000 pengguna dan menerima rata-rata 1.000 laporan per harinya. LAPOR telah menerima pengaduan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan topik yang beragam.

Respon instansi pemerintah terhadap laporan masyarakat di dalam LAPOR terus meningkat dengan 78 persen laporan yang telah diselesaikan maupun berada dalam proses tindak lanjut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.