Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Pembajakan Populer Ditutup

Kompas.com - 20/10/2013, 10:16 WIB
IsoHunt, sebuah situs populer yang menawarkan layanan pencarian materi bajakan BitTorrent, akan ditutup menyusul keputusan pengadilan.

Pemilik situs, Gary Fung asal Kanada, dilaporkan telah menyepakati pembayaran sebesar 110 juta dollar AS kepada asosiasi distribusi film Amerika, MPAA.

Ketua MPAA Chris Dodd mengatakan keputusan ini merupakan "langkah maju yang besar" untuk perdagangan online yang sah.

Sementara Fung dalam blognya menulis: "Sedih melihat bayi saya pergi."

Situs ini akan segera ditutup dan merupakan salah satu situs paling populer di internet.

Sejumlah perusahaan, termasuk Disney, Paramount dan Twentieth Century Fox, menuduh situs ini dengan sengaja melanggar hak cipta dengan memasukkan jutaan film dan program televisi populer.

Setelah menjalani persidangan yang panjang selama lebih dari tujuh tahun, kini Fung sepakat untuk menyelesaikannya. Dia mengatakan: "Saya telah berjuang dengan baik, saya menyelesaikan lomba dan tetap dengan kepercayaan."

Salinan keputusan persidangan menyatakan bahwa sepertinya perusahaan Fung tidak bisa membayar denda sebesar 110 juta dollar AS, dan MPAA mungkin hanya menerima antara 2 juta dollar AS dan 4 juta dollar AS.

Sama seperti situs pembajakan lainnya seperti The Pirate Bay, yang diblokir di Inggris atas perintah pengadilan, IsoHunt tidak menyajikan sendiri materi pembajakan tersebut.

Situs ini hanya bertindak sebagai sumber informasi dari data-data pembajakan ilegal.

Dalam pembelaannya Fung mengatakan bahwa pengguna IsoHunt yang bertanggung jawab untuk penyebaran materi bajakan, bukan IsoHunt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com