Kompas.com - 21/10/2013, 15:07 WIB
Apple Siri MashableApple Siri
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Hadir sebagai fitur andalan, Siri tampaknya kurang mendapatkan respon positif dari para penggunanya. Dalam sebuah survei, minat para pengguna terhadap fitur personal assistant ini sedikit mengkhawatirkan Apple.

Survei tersebut diadakan oleh sebuah perusahaan bernama Intelligent Voice pada tanggal 9 Oktober hingga 16 Oktober 2013 yang lalu.

Dalam survei ini, pihak Intelligent Voice membagi dua kelompok, masing-masing beranggotakan 150 orang, yang diberi pertanyaan yang berbeda.

Kelompok pertama diberi pertanyaan, "Apakah Apple oversold atau terlalu menjual kemampuan pengenal suara Siri?". Untuk pertanyaan tersebut, sekitar 46 persen responden menjawab "ya". Meskipun tidak sampai setengahnya, nilai ini masih dianggap sangat tinggi.

Kelompok kedua, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (21/10/2013), diberikan pertanyaan seputar keakuratan dari Siri. Hanya 12,7 persen responden yang menjawabnya dengan kata "sangat akurat".

Sementara, sekitar 43,3 persen menjawab "lumayan akurat", 29,3 persen menjawab "gagal", 3,3 persen menjawab "tidak terlalu baik", dan 11,3 persen menjawab "buruk". Jika dijumlah, sekitar 44 persen responden menjawab, Siri kurang akurat.

Pertanyaan ketiga terkait dengan penggunaan Siri di sistem operasi versi baru iOS 7. Berbeda dari pertanyaan pertama dan kedua, di pertanyaan terakhir ini, Intelligent Voice bertanya kepada sekitar 2.330 responden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya cukup mengejutkan, Siri ternyata "kesepian" alias jarang diajak berbicara di iOS 7. Sekitar 84,8 persen responden mengaku belum pernah menggunakan Siri di iOS 7 dan 15,2 persen sisanya mengaku sudah pernah.

Apple memberikan beberapa update terhadap Siri di iOS 7. Tambahan fitur yang dihadirkan berupa dukungan terhadap beberapa bahasa baru, suara baru, dan kini pengguna bisa "berbicara" dengan Siri versi pria.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.