Tata Ulang Internet 3G Rampung

Kompas.com - 22/10/2013, 09:28 WIB
Aditya Panji/KompasTekno
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
BALI, KOMPAS.com - Lima operator seluler GSM pemegang lisensi 3G di Indonesia telah menyelesaikan tata ulang blok 3G di frekuensi 2.100MHz, Senin (21/10/2013). Kelima operator tersebut adalah Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri (Hutchison CP Telecommunications/HCPT).

Proses tata ulang atau migrasi ini selesai lebih cepat dari batas tenggat waktu, yakni 3 November 2013. "Dengan demikian tuntas sudah 100 persen rangkaian proses migrasi 3G," ujar Kepala Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S. Dewa Broto.

Telkomsel telah menyelesaikan migrasi 3G di 33 propinsi, XL Axiata di 30 propinsi, Indosat di 18 propinsi, Axis di 14 propinsi, dan Tri di 22 propinsi.

Gatot mengatakan, Kemenkominfo akan mengubah Keputusan Menteri (KM) tentang alokasi blok 3G di frekuensi 2.100MHz untuk kelima operator tersebut. Meskipun izin pemakaian pita frekuensi radio diubah, tapi masa berlakunya tidak ada yang berubah. Demikian juga dengan Biaya Hak Pemakaian (BHP) frekuensi, tidak menjadi lebih besar ataupun lebih kecil.

"Yang diubah hanya alokasi blok saja. Selebihnya tetap sama dengan kondisi sebelum migrasi," terang Gatot.

Saat ini, posisi blok 3G yang dimiliki masing-masing operator tersebut ditempatkan secara berdampingan supaya memberi layanan telekomunikasi maksimal. Berikut adalah urutan blok 3G di frekuensi 2.100MHz yang dimiliki 5 operator seluler pemegang lisensi 3G:



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X