Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Ulang Internet 3G Rampung

Kompas.com - 22/10/2013, 09:28 WIB
Aditya Panji

Penulis

BALI, KOMPAS.com - Lima operator seluler GSM pemegang lisensi 3G di Indonesia telah menyelesaikan tata ulang blok 3G di frekuensi 2.100MHz, Senin (21/10/2013). Kelima operator tersebut adalah Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri (Hutchison CP Telecommunications/HCPT).

Proses tata ulang atau migrasi ini selesai lebih cepat dari batas tenggat waktu, yakni 3 November 2013. "Dengan demikian tuntas sudah 100 persen rangkaian proses migrasi 3G," ujar Kepala Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S. Dewa Broto.

Telkomsel telah menyelesaikan migrasi 3G di 33 propinsi, XL Axiata di 30 propinsi, Indosat di 18 propinsi, Axis di 14 propinsi, dan Tri di 22 propinsi.

Gatot mengatakan, Kemenkominfo akan mengubah Keputusan Menteri (KM) tentang alokasi blok 3G di frekuensi 2.100MHz untuk kelima operator tersebut. Meskipun izin pemakaian pita frekuensi radio diubah, tapi masa berlakunya tidak ada yang berubah. Demikian juga dengan Biaya Hak Pemakaian (BHP) frekuensi, tidak menjadi lebih besar ataupun lebih kecil.

"Yang diubah hanya alokasi blok saja. Selebihnya tetap sama dengan kondisi sebelum migrasi," terang Gatot.

Saat ini, posisi blok 3G yang dimiliki masing-masing operator tersebut ditempatkan secara berdampingan supaya memberi layanan telekomunikasi maksimal. Berikut adalah urutan blok 3G di frekuensi 2.100MHz yang dimiliki 5 operator seluler pemegang lisensi 3G:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com