Pakai BBM di Android dan iPhone, Kok Harus Antre?

Kompas.com - 22/10/2013, 09:53 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi.

KOMPAS.com — Setelah sempat ditarik kembali, aplikasi pesan instan populer BlackBerry Messenger untuk Android dan iOS kini telah resmi meluncur. Pengguna kedua platform tersebut sudah bisa mengunduh BBM di toko aplikasi masing-masing.

Akan tetapi, BBM di Android dan iOS baru bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja, yaitu mereka yang sebelumnya telah mendaftar di situs BBM.com.

Ketika pertama kali dibuka setelah diunduh, BBM akan menampilkan laman konfirmasi e-mail terlebih dahulu. Pengguna yang sudah mendaftar di BBM.com bisa memasukkan alamat e-mail yang dipakai untuk registrasi dan langsung berkirim pesan.

Dan Graziano/CNET
Pengguna yang belum mendaftar di BBM.com terpaksa menunggu sebelum bisa memakai BBM di Android dan iOS

Sebaliknya, pengguna yang belum mendaftar dan baru saja hendak memasukkan e-mail saat itu akan dialihkan ke laman lain. Isinya memberi tahu agar "menunggu giliran" sebelum bisa mulai memakai BBM di iPhone dan Android.

Ketika giliran pengguna yang bersangkutan sudah tiba, BlackBerry akan mengirim e-mail dan pengguna diminta kembali mengonfirmasi lewat aplikasi BBM.

Supaya lancar

Melalui keterangan resmi dalam posting blog perusahaan, Kepala BBM BlackBerry Andrew Bocking menjelaskan bahwa mekanisme antrean tersebut diperlukan agar proses rilis BBM di Android dan iOS berjalan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, pihak BlackBerry memang dilaporkan terpaksa menarik kembali aplikasi BBM untuk Android dan iOS karena jumlah peminat yang membeludak dan membebani server. Sekitar satu juta pengguna ketika itu juga mengakses BBM lewat versi tidak resmi yang beredar di internet.

Terdapat sejumlah trik yang kabarnya bisa dipakai untuk menembus mekanisme antrean tersebut. Satu cara yang dilansir Cnet adalah dengan langsung mematikan aplikasi BBM secara paksa setelah memasukkan alamat e-mail di laman pertama dan meng-klik tombol "next".

Ini bisa dilakukan melalui menu multi-tasking iOS dan Android. Begitu dibuka kembali, seharusnya BBM langsung menyediakan opsi untuk membikin akun dan memberi PIN. Cara itu dilaporkan berhasil untuk beberapa pengguna.

Belum diketahui kapan seluruh peminat BBM di Android dan iOS bisa mendapat giliran resmi untuk berkirim pesan lewat aplikasi pesan instan tersebut.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X