Brasil Jamin Internet Kencang di Piala Dunia 2014

Kompas.com - 22/10/2013, 10:33 WIB
Pemandangan Stadion Arena Castelao di Fortaleza, Provinsi Ceara, timur laut, Jumat (7/12/2012). Stadion itu akan menjadi salah satu tuan rumah turnamen Piala Konfederasi Brasil 2013, Juni mendatang, dan akan diikuti oleh delapan negara. Castelao merupakan salah satu dari 12 stadion yang disiapkan Brasil untuk Piala Dunia 2014. AFP PHOTO / VOISHMELPemandangan Stadion Arena Castelao di Fortaleza, Provinsi Ceara, timur laut, Jumat (7/12/2012). Stadion itu akan menjadi salah satu tuan rumah turnamen Piala Konfederasi Brasil 2013, Juni mendatang, dan akan diikuti oleh delapan negara. Castelao merupakan salah satu dari 12 stadion yang disiapkan Brasil untuk Piala Dunia 2014.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
BALI, KOMPAS.com — Brasil akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2014. Selain menyiapkan sarana olahraga, pemerintah setempat juga sibuk membangun infrastruktur telekomunikasi untuk mengantisipasi kenaikan trafik seluler dan internet.

Antara bulan Juni dan Juli 2014 mendatang, Brasil akan kedatangan wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang menyukai olahraga sepak bola. Akan banyak wisatawan yang mengakses internet untuk mencari informasi seputar pertandingan, transportasi, hingga penginapan.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com Aditya Panji, Menteri Komunikasi Brasil Paulo Bernardo Silva, mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kapasitas jaringan seluler dan data untuk memenuhi kebutuhan trafik internet, SMS, dan telepon para warga dan wisatawan.

"Sekarang kami sudah mulai meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi. Kami jamin kecepatan internetnya bagus dan mengakomodasi kebutuhan jurnalis yang meliput," kata Paulo dalam jumpa pers di acara Internet Governance Forum 2013 di Nusa Dua, Bali, Senin (21/10/2013).

Empat operator seluler besar di Brasil, yaitu Vivo, Claro, Oi, dan TIM, telah meluncurkan penawaran komersial teknologi jaringan nirkabel generasi keempat Long Term Evolutions (4G LTE) pada pertengahan 2013 di sejumlah kota yang akan menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2014. Pemerintah memanfaatkan frekuensi radio 2.600MHz untuk menggelar 4G LTE.

Populasi penduduk Brasil saat ini lebih dari 200 juta jiwa. Paulo menegaskan, sekitar 105 jiwa di antara jumlah tersebut telah mengakses internet.

Untuk menambah jumlah pengguna internet, pemerintah setempat bakal menyediakan akses internet generasi ketiga (3G) di kawasan Amazon, termasuk desa-desa yang berada di kawasan tersebut, pada 2014 hingga 2015.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X