Kompas.com - 22/10/2013, 12:29 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya resmi tersedia di Android dan iPhone. Meski tertunda satu bulan lamanya, aplikasi chat besutan BlackBerry ini ternyata tetap dinanti oleh pengguna Android dan iPhone.

Ini terlihat dari tingginya jumlah unduhan aplikasi BBM di Google Play Store dan Apple App Store. Dalam 8 jam sejak pertama kali diumumkan ketersediaannya, aplikasi BBM telah diunduh sebanyak 5 juta kali.

Capaian ini diumumkan BlackBerry di sebuah postingan di Twitter. "Next 5 million in line - your turn! Open up BBM and click "I got the email" to get started on #BBM right away!," tulis BlackBerry di akun Twitter @BBM". Kira-kira maksudnya adalah "Lima juta pengguna sudah mengunduh BBM. Selanjutnya, giliran pengguna lainnya yang belum kebagian untuk mengecek e-mail dan mulai memakai BBM".

Lima juta pengguna tersebut merupakan pengguna awal yang langsung bisa menggunakan BBM di Android dan iPhone, tanpa mengantre, karena sebelumnya telah mendaftar diri di situs BBM.com. Menurut BlackBerry, sekitar 6 juta pengguna telah memasukkan e-mail-nya di situs tersebut untuk mendapatkan notifikasi kehadiran BBM untuk Android dan iPhone.

BlackBerry memang menggunakan sistem antrean dalam mendistribusikan penggunaan BBM di Android dan iPhone. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna yang sangat tinggi.

Sebelumnya, pihak BlackBerry terpaksa menarik kembali aplikasi BBM untuk Android dan iPhone karena jumlah peminat yang membeludak dan membebani server. Sekitar satu juta pengguna ketika itu juga mengakses BBM lewat versi tidak resmi yang beredar di internet.

Aplikasi BBM lintas platform bisa digunakan secara gratis di ponsel Android, tidak untuk tablet, yang menggunakan Android 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean) dan iPhone dengan iOS versi 6 ke atas.

Pengguna iPhone dan Android dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Baca juga:
- Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Sudah Bisa Diunduh
- Ini Dia Tampilan BBM di Android
- Ini Syarat Pakai BBM di Android dan iPhone

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.