Apple Gratiskan OS X Mavericks

Kompas.com - 23/10/2013, 01:43 WIB
The Verge
Kepala bagian software Apple Craig Federighi berjalan di depan logo sistem operasi OS X 10.7 Lion, 10.8 Mountain Lion, dan 10.9 Mavericks dalam acara Apple di San Francisco, Selasa (22/10/2013)

KOMPAS.com - Apple memberi sedikit kejutan pada acara di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa 22 Oktober waktu setempat.

Update sistem operasi terbaru untuk komputer bikinan perusahaan tersebut, Mac OS X 10.9 Mavericks, mulai hari ini sudah tersedia secara cuma-cuma alias gratis bagi para pengguna Mac.

"Yang penting bagi kami adalah menyebarkan Mavericks seluas-luasnya… Hari ini kami merevolusi harga, hari ini Maverick bisa diunduh gratis," ujar kepala bagian software Apple, Craig Federighi, sebagimana dikutip oleh The Verge.

Federighi menambahkan bahwa update OS X 10.9 bisa dipasang di komputer Mac dengan sistem operasi OS X 10.6 Snow Leopard atau yang lebih baru. Sistem teranyar itu bisa diunduh di toko aplikasi Mac App Store.

Ini merupakan kali pertama Apple menggratiskan update sistem operasi. Sebelumnya Apple selalu menarik bayaran, meskipun relatif kecil dibandingkan update sistem operasi Windows. Update OS dari OS X 10.7 Lion ke OS X 10.8 Mountain Lion, misalnya, dikenai biaya 20 dollar AS.

Federighi sempat menyindir Microsoft -pemilik sistem operasi Windows saingan Mac OS- dengan menampilkan gambar kotak Windows 8 Pro yang memasang banderol 199 dollar AS.

OS X 10.9 Mavericks sendiri memperkenalkan sejumlah pembaruan ke sistem operasi Mac, termasuk manajemen dya yang lebih efisien, penggunaan kompresi memori untuk menghemat RAM, alokasi memori dinamis untuk pengolah grafis, dan dukungan OpenCL.


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberThe Verge

Close Ads X