Kompas.com - 23/10/2013, 17:44 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Apple akhirnya resmi merilis tablet terbarunya, iPad Air, dalam sebuah acara yang digelar di The Yerba Buena Center, San Francisco, AS, Selasa (22/10/2013) waktu setempat.

Pada iPad generasi kelima ini, Apple merombak desain yang tidak berubah sejak iPad generasi kedua lalu. iPad Air kini hadir dengan bentuk yang semakin mirip dengan iPad Mini.

Dimensi fisik pun lebih tipis dan ringan dibandingkan pendahulunya. iPad Air berbobot 1 pon (sekitar 450 gram) dibanding iPad generasi empat dengan angka 1,4 pon (sekitar 660 gram). Ketebalan iPad Air yang hanya 7,5 mm pun diklaim 43 persen lebih tipis daripada produk terdahulu.

Rumor terkait penggunaan Touch ID atau sensor pemindai sidik jari di tombol Home iPad Air tidak terbukti. Perangkat ini masih menggunakan tombol Home standar yang digunakan di iPad generasi sebelumnya.

Dari sisi hardware, ia mendapatkan peningkatan di sisi prosesor. iPad Air akan dipersenjatai dengan Apple A7 64-bit, prosesor yang juga digunakan di iPad Mini Retina Display dan iPhone 5S.

iPad Air sendiri akan hadir dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Perangkat ini mulai dijual pada November 2013 di beberapa negara dengan harga mulai dari 499 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Berikut gambar-gambar detail dari iPad Air.

Apple
iPad Air
The Verge
iPad Air
The Verge
Tombol volume suara iPad Air sedikit berubah dibandingkan iPad generasi sebelumnya
The Verge
Bagian bawah, desain speaker juga mengalami perubahan
The Verge
Bagian samping iPad Air
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.