Jangan Hilangkan Ikon BBM di Android!

Kompas.com - 24/10/2013, 11:36 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sudah menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android? Jika sudah, maka Anda pasti sudah menyadari bahwa terdapat sebuah ikon BBM yang selalu muncul di bagian notifikasi atau kiri atas layar.

Ikon tersebut menandakan, aplikasi BBM ini terus berjalan di background.

Permasalahannya, banyak pengguna yang merasa kurang nyaman dengan selalu hadirnya ikon tersebut. Untuk menanggapi ketidaknyamanan ini, BlackBerry akhirnya memberikan sebuah solusi, pengguna diizinkan untuk mematikan atau menghilangkan ikon ini.

KOMPAS.com/Deliusno
BBM untuk Android
Namun, dengan dihilangkannya ikon dari layar, muncul sebuah permasalahan baru. Pengguna bisa saja tidak menerima semua notifikasi pesan dari aplikasi tersebut.

Mengapa bisa? Seperti dikutip dari AndroidBeat, Kamis (24/10/2013), saat ikon dimatikan, sistem bisa saja "membunuh" aplikasi, tanpa diketahui pengguna. Tujuannya untuk memberikan ruang tambahan di RAM. Oleh karena itulah, pada saat tidak aktif, aplikasi tidak bisa mengeluarkan notifikasi.

Penjelasannya seperti ini, Google memiliki sebuah peraturan untuk tiap aplikasi yang ada di Android. Google mengharuskan setiap aplikasi yang ingin terus berjalan di background untuk memberikan sebuah penanda. Dalam kasus BlackBerry, perusahaan asal Kanada ini menggunakan penanda berupa ikon BBM.

Sekadar informasi, peraturan tersebut diadakan untuk "melawan" aplikasi yang terus menghabiskan baterai atau aplikasi yang terus aktif tanpa disadari oleh pengguna. Dengan adanya penanda ini, pengguna diharapkan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat penanda itu aktif, sistem tidak akan menutup aplikasi, meskipun sedang membutuhkan RAM tambahan. Apabila penanda tersebut dinonaktifkan, maka aplikasi sebenarnya masih berjalan.

Namun, saat sistem membutuhkan RAM tambahan, aplikasi tersebut bisa saja dimatikan secara otomatis, tanpa pemberitahuan ke pengguna. Dalam kasus ini, ada kemungkinan sistem menutup atau mematikan aplikasi BBM sehingga aplikasi tidak dapat memberikan notifikasi lagi.

Bagaimana cara agar aplikasi terus mengirimkan notifikasi? Jawabannya sangat sederhana. Untuk sementara ini, sebaiknya jangan pernah menghilangkan logo BBM dari layar perangkat Android Anda.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?
BBM di Android dan iPhone Butuh BlackBerry ID, Bagaimana Cara Membuatnya?
Bisa Apa Saja BBM di Android dan iPhone?
Pencipta BBM Komentari Orang Indonesia

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOSDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.