Demi KitKat, Google "Belanja" Rp 260 Miliar

Kompas.com - 24/10/2013, 12:44 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google sepertinya belum puas dengan kinerja yang ditunjukkan Android Jelly Bean. Segala upaya dan inovasi dilakukan agar Android versi selanjutnya, KitKat, bisa "berlari" lebih kencang.

Salah satu upayanya adalah membeli sebuah perusahaan startup asal Perancis, FlexyCore, pemilik dan pembuat aplikasi DroidBoster.

Seperti dilansir situs LExpansion, Google rela menggelontorkan uang sebesar 23,1 juta dollar atau sekitar Rp 260 miliar untuk membeli perusahaan yang baru berumur 5 tahun ini.

Apa istimewanya aplikasi DroidBoster tersebut? Aplikasi Android ini disebutkan mampu mempercepat kinerja, baik software maupun hardware yang berbasis Android.

DroidBooster bekerja dengan melakukan optimalisasi kode-kode pemrograman Java yang terdapat di kernel Android. Sebagai informasi, Java merupakan bahasa pemrograman yang menjadi pondasi dari sistem operasi Android.

FlexyCore mengklaim, DroidBooster pernah berhasil membuat Android Froyo bekerja tiga kali lebih cepat.

Pembelian perusahaan ini sebenarnya telah dilakukan setahun yang lalu namun baru terungkap pada Oktober 2013. Tim dari FlexyCore sendiri telah bergabung dengan tim pengembang Android. Sedangkan, aplikasi DroidBooster telah dihapus dari Google Play Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak banyak informasi lain soal pengakusisian ini, selain untuk membuat Android bekerja lebih baik.

Android sejauh ini sebenarnya sudah berjalan dengan jalan di perangkat-perangkat high-end. Diharapkan dengan bergabungnya tim dari FlexyCore, perangkat-perangkat low-end juga bisa menjalankan Android lebih kencang dan tanpa lag. Android versi 4.4 atau KitKat dikabarkan bakal mempunyai karakteristik ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GigaOM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.