Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Android "Didongkrak" Ulasan Palsu?

Kompas.com - 25/10/2013, 08:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Aplikasi BBM di Google Play Store memiliki rating tinggi, tapi banyak ulasan yang memberi nilai bagus diduga palsu

KOMPAS.com — Dalam waktu singkat setelah diluncurkan, BBM untuk Android meraih reputasi tinggi di Google Play Store. Sayangnya, sebagian besar ulasan atau review dari pengguna yang memberi nilai bagus untuk aplikasi ini diduga palsu.

Android Police menemukan kejanggalan pada beberapa ulasan yang kata-katanya mirip walaupun ditulis oleh pengguna yang berlainan.

Dalam bahasa Inggris, susunan kata-kata dalam ulasan-ulasan tersebut lebih kurang berbunyi "Thank you so much blackberry team. I was waiting this app. Its really great user friendly and smooth" (terima kasih blackberry, saya sudah menunggu aplikasi ini. aplikasi ini hebat, tampilannya bersahabat dengan pengguna dan lancar).

Ada sejumlah ulasan yang mengopi mentah-mentah tulisan di atas, lengkap dengan kesalahan bahasa di dalamnya. Ada pula yang ditulis sedikit berbeda, tapi tetap mengucapkan "terima kasih" dan menyebut bahwa aplikasi BBM berjalan "lancar".

AndroidPolice.com
Sejumlah ulasan BBM di Google Play yang diduga palsu

Diduga ulasan-ulasan tersebut palsu alias merupakan spam yang ditujukan untuk menaikkan nilai aplikasi BBM di Google Play Store. Karena hanya ulasan mengandung teks yang ditampilkan di laman review aplikasi, kemungkinan masih ada lebih banyak lagi ulasan palsu yang hanya memberikan nilai tanpa tulisan.

Android Police juga mencatat bahwa kebanyakan ulasan mencurigakan itu berasal dari India dan Indonesia.

Pihak BlackBerry telah merespons dugaan review palsu untuk aplikasi BBM. "Kami belakangan megetahui soal ulasan BBM dengan nilai bintang lima di Google Play yang diduga palsu," ujar juru bicara BlackBerry Victoria Berry, sebagaimana dikutip oleh The Globe and Mail.

"Kami tidak menyetujui ataupun membiarkan aktivitas-aktivitas seperti ini dan akan bekerja sama dengan Goole untuk mengatasinya," lanjut Berry. Dia menyayangkan adanya ulasan palsu karena laman aplikasi BBM di Google Play juga mengandung ulasan-ulasan positif sungguhan.

BlackBerry untuk Android resmi dirilis 22 Oktober lalu setelah sebelumnya sempat ditarik kembali. Aplikasi ini diunduh lebih dari 10 juta kali hanya dalam waktu 24 jam setelah mulai tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com