Kompas.com - 25/10/2013, 09:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
John Sculley (kanan) semasa masih bekerja di Apple bersama Steve Jobs

KOMPAS.com - John Sculley pernah menjabat sebagai CEO Apple hingga 1993. Pria ini dikenal sebagai sosok yang "mengasingkan" Steve Jobs sampai diberhentikan pada 1985. Setelah keluar dari Apple, Sculley terus aktif sebagai eksekutif di sejumlah perusahaan teknologi.

Belakangan, seperti dikutip oleh The Globe and Mail dari beberapa sumber, Sculley dikabarkan tertarik ikut menawar BlackBerry, produsen smartphone asal Kanada yang sedang dilanda kesulitan. Dia sendiri menolak berkomentar soal ini, tetapi mengakui telah lama menjadi "fans dan pengguna BlackBerry".

BlackBerry memang membuka kemungkinan melego perusahaan setelah penjualan perangkatnya menurun akibat kalah bersaing melawan Apple dan Google di industri mobile. Sebelumnya, segelintir figur ternama juga dilaporkan tertarik membeli BlackBerry, termasuk mantan anggota direksi Prem Watsa dan pendiri perusahaan Mike Lazaridis.

Mengenai para calon pembeli BlackBerry dan prospek perusahaan tersebut, Sculley mengatakan bahwa Blackberry masih memiliki potensi di masa depan. "Siapapun yang membelinya harus punya rencana strategis yang kredibel dan bisa sukses, juga harus ada tim berpengalaman yang mampu mengimplementasikan rencana tersebut," ujarnya.

Sebelum masuk ke dunia teknologi melalui Apple, Sculley sempat bekerja di perusahaan minuman Pepsi-Cola. Jobs membujuknya untuk bergabung dengan Apple pada awal 80-an, tapi kedua pria ini lantas malah berseteru hingga berujung pada keluarnya Jobs dari Apple.

Jobs sendiri merasa bersyukur "ditendang" dari Apple. Dalam sebuah pidato di Universitas Stanford tahun 2005, Jobs mengatakan bahwa hal tersebut membuatnya lepas dari beban dan bisa berkreasi hingga meraih sukses dan akhirnya kembali ke perusahaan yang didirikannya itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.