Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2014, Aturan Domain “Anything.id” Diharap Selesai

Kompas.com - 25/10/2013, 10:38 WIB
Aditya Panji

Penulis

BALI, KOMPAS.com — Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama para pemangku kepentingan di bisnis nama domain internet telah menyetujui usulan pemakaian domain anything.id (anything dot id). Aturan main pemakaian anything.id ini diharapkan rampung pada awal 2014.

Domain anything.id nantinya boleh digunakan oleh seluruh warga negara Indonesia, baik itu pemerintah, bisnis, non-bisnis, dan personal. Ketua PANDI Sigit Widodo, mengatakan, pihaknya belum memutuskan apakah akan mendahulukan kalangan pemerintah atau kalangan bisnis untuk mengadopsi domain tersebut.

“Siapa yang akan didahulukan, pemerintah atau bisnis, ini masih menunggu kepastian dari forum nama domain,” katanya saat ditemui di Internet Governance Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/10/2013).

Selain itu, domain anything.id juga boleh digunakan oleh institusi asing yang mewakili perwakilan di Indonesia dan pemegang merek asing yang terdaftar di Indonesia.

Karakter huruf pada domain anything.id minimal menggunakan 5 (lima) karakter. Jika pendaftaran domain anything.id menginginkan pemakaian di bawah 5 karakter, dapat dilakukan dengan mengajukan permintaan khusus kepada PANDI.

“Sistem pemakaian anything.id sudah siap semua, tapi regulasinya ini yang perlu dikuatkan agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari,” terang Sigit.

Ia mencontohkan, sengketa domain yang kemungkinan bisa terjadi adalah pemakaian domain garuda.id. Di Indonesia, nama domain tersebut mungkin diincar oleh perusahaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan perusahaan yang membuat makanan Kacang Garuda. Atau, bisa jadi seseorang yang memiliki nama Garuda juga mengicarnya.

Tak menutup kemungkinan domain garuda.id ini menjadi sengketa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, PANDI dan para pemangku kepentingan berencana membentuk tim khusus untuk menyelesaikan perselisihan nama domain, yang terdiri dari ahli domain, ahli merek, dan pakar hukum siber.

Penawaran anything.id bertujuan untuk menawarkan nama domain yang lebih personal, lebih sederhana dan mudah diingat. Akhiran .id (dot id) sendiri merupakan Country Code Top Level Domain dari Indonesia.

Pengguna Internet nantinya bisa membeli nama domain sesuai keinginannya dan tidak menggunakan akhiran .com, .net, .org dan sebagainya. Namun, bisa menggunakan nama domain pilihannya sendiri, seperti kompas.id, urbanesia.id, kompasiana.id, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com