Kompas.com - 25/10/2013, 15:36 WIB
AMD Radeon R9 290X AMDAMD Radeon R9 290X
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - AMD akhirnya mengumumkan spesifikasi kartu grafis Hawaii alias Radeon R9 290X. Meski harganya di kisaran Rp 6 juta, kemampuannya setara kartu grafis pesaing seharga Rp 10 jutaan.


Kartu grafis Radeon R9 290X dari AMD pertama kali diumumkan kehadirannya dalam acara di Hawaii, akhir September lalu. Tapi informasi spesifikasi teknisnya sempat "disembunyikan" oleh AMD selama beberapa waktu.

Nah, AMD kini telah merilis daftar teknis resmi mengenai andalan barunya itu. Berdasarkan informasi tertulis yang diterima KompasTekno, Radeon R9 290X dipersenjatai stream processor sebanyak 2.816 buah. Frekuensi chip-nya dipatok sebesar 1 GHz (boost clock), sementara memorinya berkapasitas 4GB dari jenis GDDR5 (512-bit).

Dengan spesifikasi seperti itu, Radeon R9 290X disebut memiliki kinerja pemrosesan sebesar 3,79 Tera FLOPS dan bandwidth memori maksimum 320GB per detik. Adapun API yang didukung mencakup DirectX 11.2, OpenGL 4.3, dan Mantle yang merupakan API khusus Radeon dari AMD.

GPU pada Radeon R9 290X merupakan chip pengolah grafis generasi terbaru dari AMD yang berkode nama "Hawaii". Chip ini merupakan penerus produk sebelumnya yang memiliki panggilan "Tahiti".

Situs Anandtech telah melakukan pengujian mendalam terhadap Radeon R9 290X. Kesimpulannya, performa kartu grafis ini secara keseluruhan lebih unggul sekitar 9 persen dibandingkan GeForce GTX 780 dari Nvidia. Radeon R9 290X bahkan mampu menyamai GeForce Titan yang dibanderol seharga 1.000 dollar AS dalam kebanyakan pengujian.

Menariknya, AMD membanderol Radeon R9 290X seharga 549 dollar AS, lebih murah 100 dollar AS dibanding GeForce GTX 780 yang dipatok di angka 649 dollar AS. Nvidia sebenarnya telah merilis GeForce GTX 780i yang disinyalir akan menggantikan posisi GeForce GTX 780, tapi informasi teknis dan performa perangkat ini masih menjadi misteri.

Berdasarkan informasi dari pihak AMD Indonesia, Radeon R9 290X seharusnya sudah mulai memasuki pasaran tanah air pada November mendatang, tapi harganya masih belum ditentukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AnandTech
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.